Sukses

Penanganan Lipoma

30 Aug 2018, 14:16 WIB
Wanita, 24 tahun.

selamat siang dok. saya mau tnya .. di tubuh saya terdapat benjolan sprti kelenjar lemak yg berada persis di selangkangan ... di sebelah vagina .makin hari semakin membesar. tapi empuk klau di pegang. saya browsing ..ciri" lipoma. apakah harus dioperasi ? klau dioperasi kira" pkai bius apa ya dok ?terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang penanganan lipoma melalui fitur Tanya Dokter.

Lipoma merupakan benjolan jinak di bawah kulit yang tumbuh lambat. Lipoma berasal dari jaringan lemak bawah kulit, terasa sebagai benjolan yang kenyal. Biasanya terdapat di batang tubuh, bahu, leher, namun bisa juga di tempat lain. Sebagian besar lipoma berdiameter kurang dari 5 cm dan tidak menimbulkan gejala, tetapi dapat menyebabkan nyeri jika menekan saraf.

Lipoma yang berdiameter kecil (<5 cm) bisa dihilangkan dengan menyuntikkan steroid ke dalam benjolan tersebut. Tetapi, risiko kekambuhan tetap ada. Sedangkan lipoma yang besar, selama tidak menekan struktur lain di sekitarnya tidak perlu diangkat. Kecuali, penderitanya merasa terganggu secara kosmetik atau menimbulkan rasa mengganjal. Jika perlu diangkat, maka dilakukan pembedahan minor.

Diskusikan pilihan terbaik untuk penanganan lipoma dengan dokter Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar