Sukses

Badan Sempoyongan

30 Aug 2018, 11:52 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok kemaren saya habis dari dokter di periksa katanya vertigo ,ini yang saya alami perasaan melayang jalan kaki juga koloyongan badan lemas kayak agak berat kalo ngegerakin badan mata ga fokus ga normal seperti biasanya keringat dingin jantung pun berdebar atau karena saya panik , gimana dok ?

Terima kasih telah bertanya tentang Badan Sempoyongan melalui fitur Tanya Dokter

Keluhan sering "kepala/jalan seperti mau sempoyongan" lebih tepatnya lagi dalam dunia medis disebut dengan pusing atau dizzines. Pusing dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah kekurangan oksigen di otak, anemia (kekurangan sel darah merah), penyakit kronis, kurang olahraga, hipoglikemia (kadar gula darah rendah), hipotensi (tekanan darah rendah), vertigo, dan banyak lagi penyebab lainnya.

Vertigo termasuk ke dalam gangguan keseimbangan yang dinyatakan sebagai pusing, pening, sempoyangan, rasa seperti melayang atau dunia seperti berjungkir balik. Keluhan lain yang berhubungan dengan vertigo adalah berkurangnya pendengaran, telinga berdenging (tinnitus), mual, muntah, atau rasa penuh pada telinga.

Vertigo dapat disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri.  Vertigo juga dapat berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.  Penyebab dari vertigo dapat bermacam-macam dari keadaan yang ringan hingga keadaan berat, secara garis besar meliputi:

  • Keadaan lingkungan seperti motion sickness (mabuk darat, mabuk laut).
  • Obat-obatan seperti gentamisin dan konsumsi alkohol.
  • Kelainan aliran darah seperti pada transient ischemic attack (gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah sementara ke salah satu bagian otak).
  • Kelainan di telinga, yaitu terdapat endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam, infeksi telinga bagian dalam, labirinitis (infeksi labirin di telinga dalam), peradangan saraf telinga, dan penyakit Meniere.
  • Kelainan saraf, seperti sklerosis multipel, patah tulang tengkorak yang disertai cedera pada labirin, persarafannya atau keduanya, tumor otak yang menekan persarafan ke daerah telinga dan keseimbangan.
  • Kelainan/cedera pada tulang belakang bagian leher sehingga persarafan terganggu.

Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

Vertigo sentral: gangguan pada saraf otakVertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo

Pada vertigo perifer (yang bukan berasal dari otak), pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis saaraf.

Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Anda juga dianjurkan untuk melakukan latihan ini di rumah agar telinga Anda beradaptasi dengan posisi tersebut. Manuver tersebut biasa dikombinasi dengan obat-obatan yang diminum untuk mengurangi gejala.

Untuk mengobati vertigo, selain latihan tadi, juga diberikan obat minum antivertigo seperti difenhidramin, betahistin atau flunarizin. Gabungan pngobatan, gaya hidups sehat dan olahraga diharapkan dapat membantu Anda memulihkan kondisi kesehatan dan membebaskan diri dari serangan vertigo.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Badan Sempoyongan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar