Sukses

Hidung Sering Tersumbat Sebelah

30 Aug 2018, 11:22 WIB
Pria, 31 tahun.

dok saya mau tanya 1,di lobang hidung sebelah kiri kaya ada daging yg sering membesar sehingga sering mampet dan sering mengeluarkan ingus 2,lobang hidung sebelah kanan ko terasa lebih sempit dari sebelah kiri & mampet susah untuk bernafas bahkan sering mengeluar kan ingus kaya anak kecil itu kenapa dan cara ngobatin nya gimana biar bisa normal kembali itu berlangsung udah cukup lama? makasi sebelum nya

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar hidung sering tersumbat sebelah melalui fitur Tanya Dokter

Hidung tersumbat sebelah dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut :

Deviasi septum nasi

Deviasi septum nasi adalah kondisi dimana tulang rawan yang membagi lubang hidung kanan dan kiri menjadi miring karena suatu sebab. Penyebabnya bisa karena trauma (benturan, pukulan, dll), terdapat kelainan tulang, serta bawaan lahir.

Rhinitis alergi

Reaksi alergi terhadap sesuatu misalnya debu, atau kebiasaan bersin-bersin setiap pagi, bulu binatang, tungau, dll dapat menyebabkan hipertrofi konka. Konka adalah struktur didalam rongga hidung yang berfungsi untuk mengatur turbulensi udara dan baroreseptor. Dengan konka yang membesar, maka aliran udara akan terhambat.

Polip

Polip hidung atau pertumbuhan seperti daging lebih didalam rongga hidung dapat menyumbat saluran nafas.

Untuk mengetahui penyebab pastinya, diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung, oleh karena itu kami sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter spesialis THT.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar hidung sering tersumbat sebelah, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar