Sukses

Rambut Rontok Pasca Melahirkan
30 Aug 2018, 11:22 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya mau nanya kenapa yah seluruh badan saya pada gatal gatal sejak saya mengandung sampai sekarng anak saya umur 4 bln gatal gatal di badan saya kok tidak hilang hilang ya dok,,trus rmbut saya rontok bnyak bgt setelah anak saya usia 3 bln lbh dok,kira kira kenapa ya dok,,trus apa obat yang tepat buat rasa gatal yang saya derita,???

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya tentang Rambut Rontok Sehabis Melahirkan melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Memang banyak diantara ibu yang setelah melahirkan terkejut mendapati kerontokan rambut yang lebih banyak daripada biasanya, disebut postpartum hair loss. Namun anda tidak perlu merasa khawatir karena kerontokan tersebut hanya berlangsung sementara.

Terdapat 3 fase dalam pertumbuhan rambut: fase pertumbuhan (anagen), fase transisi (katagen), dan fase istirahat (telogen).

Selama kehamilan, terdapat peningkatan kadar estrogen. Umumnya sekitar 85-95% folikel rambut berada dalam fase pertumbuhan, tetapi peningkatan hormon estrogen selama kehamilan menstimulasi kenaikan jumlah rambut dalam fase pertumbuhan. Rambut yang tumbuh lebih banyak daripada rambut yang rontok sehingga banyak ibu hamil yang merasakan rambutnya menjadi lebih tebal.

Setelah melahirkan, kadar estrogen menurun sehingga sebagian besar folikel rambut memasuki fase transisi (katagen) yang singkat dan fase istirahat (telogen). Folikel rambut yang berada dalam fase istirahat (telogen) umumnya bertahan pada kulit kepala selama 100 hari sebelum akhirnya jatuh. Oleh sebab itu, kerontokan rambut setelah melahirkan (postpartum hair loss) umumnya mulai dirasakan 3-4 bulan setelah melahirkan dan berlangsung hingga anak anda berusia 6-12 bulan. Beberapa ibu mungkin telah terbiasa dengan ketebalan rambut yang dimiliki selama kehamilan, sehingga merasa khawatir akan mengalami kebotakan, namun sebenarnya ketebalan rambut akan kembali seperti saat sebelum hamil.

Tidak ada pengobatan khusus untuk postpartum hair loss, mengingat sebabnya yang murni hormonal dan bersifat sementara. Bagaimanapun, konsumsi nutrisi tertentu dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Meski beberapa wanita akan merasakan postpartum hair loss setiap kali habis melahirkan, dengan mengonsumsi bahan makanan kaya vitamin, mineral dan protein diharapkan dapat meminimalisasi efek postpartum hair loss dengan membantu mempercepat pertumbuhan rambut kembali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Rambut Rontok Sehabis Melahirkan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar