Sukses

ASI Sulit Keluar

29 Aug 2018, 18:12 WIB
Wanita, 30 tahun.

Anak saya dari lahir pake sufor sialnya asinya kosong usia 4bln stengah dikasih pisang dan roti milna Yang saya pertanyakan apakah itu tidak maslah dok?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai ASI Sulit Keluar.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Pada prinsipnya, bayi baru lahir disarankan mengkonsumsi hanya ASI saja. Jumlah ASI yang diproduksi oleh ibu pun sesuai dengan umur bayi dan perut bayi. Tentu saat lahir, kebutuhkan bayi masih belum banyak. Sehingga pada beberapa kasus, beberapa ibu merasa tidak ada ASI yang keluar. Padahal, tanpa disadari sebenarnya ASI keluar –hanya dalam jumlah yang sedikit.

Hal yang perlu diingat adalah fakta bahwa bayi belum bisa mengonsumsi susu dalam jumlah yang besar. Sebagai contoh, bayi dengan berat 3 kg hanya membutuhkan cairan sekitar 300ml saja setiap harinya. Sehingga, ASI yang keluar, meski hanya sedikit, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sang bayi.

Keadaan ibu yang stres dapat mempersulit produksi ASI. Sebaliknya, ibu yang tenang dan penuh semangat akan dapat memproduksi ASI dengan lancar.

Cukup beristirahat dan selalu menstimulasi produksi ASI dapat meningkatkan produksi hormon menyusui. Semakin sering distimulasi, produksi ASI akan semakin banyak.

Berikut cara menstimulasi produksi ASI:

Menyusui bayi secara rutin 2-3 jam sekali. Jangan lupa bangunkan bayi untuk menyusu jika sedang tidur.Saat menyusui, biasakan untuk menghabiskan susu dari satu payudara sebelum berpindah ke payudara sebelahnya. Hal ini akan memastikan payudara tersebut benar- benar sudah kosong. Selain itu hal ini akan memastikan anak mendapat kandungan susu awal (fore milk) dan susu akhir (hind milk) yang sangat baik.Seringlah mendekap anakDiantara waktu menyusui, pertimbangkan untuk mengosongkan payudara menggunakan pompa sehingga memicu produksi ASI kembaliJika ASI benar- benar tidak keluar, segera berkonsultasi pada dokter. Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi agar produksi ASI dapat berjalan dengan baik.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai ASI Sulit Keluar. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar