Sukses

Telat Haid dan Perut Membesar

29 Aug 2018, 17:29 WIB
Wanita, 16 tahun.

Assalamualaikum . Maaf dok saya mau tanya .saya sudah terlambat datang bulan selama 4 bulan padahal sebelumnya saya haid dengan teratur. Berat badan saya juga menurun, tapi perut saya malah membuncit. Kira2 apa ya dok penyebabnya?

Terima kasih sudah bertanya seputar telat haid melalui fitur Tanya Dokter

Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari.

Umumnya, keterlambatan menstruasi merupakan tanda yang paling mudah dijadikan pegangan. Karena hubungan intim dilakukan pada masa subur, ada/tidaknya keterlambatan menstruasi baru dapat dilihat 2 minggu kemudian. Jika memang terlambat lebih dari 1 minggu dari waktu seharusnya, ada kemungkinan sudah terjadi pembuahan. Karena itu bisa dilakukan pemeriksaan kehamilan dengan test pack. Pemastian kehamilan bisa dipastikan dengan pemeriksaan USG.

Apabila tidak terjadi kehamilan, tetapi siklus haid tidak normal, maka ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan tersebut:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertamaPasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30Malnutrisi (kurang gizi)Stres psikologisAtlet dengan akivitas fisik beratPenggunaan pil KBSelain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Kondisi yang sering berkaitan adalah kondisi indung telur yang polikistik. Kondisi ini memiliki gejala adanya pertumbuhan rambut tidak wajar, seperti kumis, dan peningkatan berat badan.Mengenai perut yang membesar, perlu dievaluasi lebih lanjut. Apakah berkaitan dengan keluhan haid atau tidak. Melalui wawancara dan mendalam apakah pembesaran tersebut berkaitan dengan timbunan lemak, peningkatan ukuran rahim, atau masalah pada organ lain yang berad di dalam perut. Kami menganjurkan agar Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut serta pemeriksaan penunjang.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai telat haid . Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar