Sukses

Tidak Haid Setelah Melahirkan

29 Aug 2018, 16:59 WIB
Wanita, 26 tahun.

AssalamualIkum dok,,,,saya melahirkan ank ke dua,,,tp kmrn saya lupa dok hbs 40hr g KB. Al hasil smp skrg ank saya sudah 1th tp saya blm menstruasi jg. Sedangkan kata dokter sini kalau mau kb hrus nunggu menstruasi dl. Saya masih menyusui tp jg kdg dcampur sufor. Tolong jawabanny dok,, kpn y saya bs mulai KB. MKSH

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Tidak Haid Setelah Melahirkan.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Siklus haid setelah melahirkan memang dapat kembali normal dalam waktu 2-24 bulan setelah melahirkan secara perlahan-lahan atau setelah Anda Anda tidak menyusui kembali.

Jika Anda memberikan ASI ekslusif kepada anak Anda selama 6 bulan pertama setelah melahirkan, maka Anda tidak akan mengalami menstruasi. Isapan bayi pada payudara ibu saat minum ASI akan menekan hormon-hormon reproduksi lain yang diperlukan untuk terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) dan untuk terjadinya menstruasi. Karena itu, selama ibu memberikan ASI ekslusif, secara otomatis ibu tersebut juga telah menggunakan suatu metode kontrasepsi yang dikenal sebagai metode amenore laktasi (MAL), sehingga dirinya tidak akan hamil lagi selama memberikan ASI ekslusif dan tidak mengalami haid.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Tidak Haid Setelah Melahirkan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar