Sukses

Nyeri Punggung Hingga Kaki

29 Aug 2018, 16:36 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dokter, saya sering sakit di bagian punggung sebelah kiri, sakitnya sampai kaki kiri saya sering susah digerakkan. Kemudian saya sering merasa kram kalau duduk lama, atau berdiri terlalu lama. Bagaimana solusinya, dok?.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Nyeri Punggung Hingga Kaki.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Nyeri punggung merupakan keluhan umum yang dapat dialami semua orang. Biasanya diakibatkan oleh aktivitas sehari-hari ataupun kebiasaan-kebiasaan tertentu. Ada kalanya keluhan nyeri punggung menjalar hingga kaki, sehingga sangat mengganggu kegiatan. Mengapa nyeri punggung bisa menjalar hingga kaki?

Dalam dunia kedokteran, keluhan nyeri terkait dengan respons saraf. Saraf yang bertanggung jawab pada kondisi nyeri punggung menjalar ini adalah saraf skiatik. Sementara itu, nyerinya disebut sebagai nyeri skiatik.  

Saraf skiatik adalah saraf yang paling besar dalam tubuh manusia dan berukuran sebesar jari orang dewasa. Saraf ini dimulai dari tulang belakang, berjalan ke punggung, serta mengarah ke sendi panggul, pantat hingga ke kaki.

Nyeri skiatik biasanya terasa berbeda dengan nyeri lainnya. Nyeri ini umumnya hanya memengaruhi satu sisi tubuh bagian bawah. Sering kali, rasa nyeri memanjang dari punggung hingga bagian belakang paha kemudian turun ke kaki. Intentitas dan frekuensi rasa sakit yang disebabkan oleh nyeri skiatik bervariasi; bisa ringan, sedang, berat, terjadi sesekali, atau bahkan konstan.

Nyeri skiatik dapat ditangani dengan pemberian obat anti-peradangan nonsteroid, seperti meloksikam ataupun natirum diklofenak. Pada beberapa kondisi, tindakan operasi mungkin diperlukan.

Untuk memastikan penyebab nyeri punggung Anda, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter tedekat.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Nyeri Punggung Hingga Kaki. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar