Sukses

Ukuran Penis Bayi Kecil

29 Aug 2018, 16:15 WIB
Pria, 28 tahun.

Aslkm.., dok sy mw tanya terkait tumbuh kembang anak laki2 saya yg berusia 10 bulan. Kenapa ukuran penis anak saya terlalu kecil, kalau dbandgkan dgn anak seumuran dia. Sy takut ada kelainan terkait ukuran penis anak sy. Sy cb browsing ad istilah mikropenis yg mana ukuran penis trsbut kcil, stlh sy ukur pakai alat pgkur, penis anak sy pjgnya 2cm. Dan testis atw gombyoknya tdk bs dlewer alias mengkeret. Itu gmna ya dok, sy mhon amat sangat dbantu solusi trsebut dok. Trmksh.. Wslm..

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Ukuran Penis Bayi Kecil.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Mikropenis adalah ukuran penis yang kecil. Tapi secara genetalialnya normal, penis dan testisnya normal. Penelitian pada Asian Baby menyimpulan bahwa jika ukuran penis lahir  ( 0 – 3 hari ) kurang dari 2,6 cm maka anda harus waspada karena termasuk mikropenis. Pertumbuhan penis relatif sangat sedikit hingga anak berumur ± 5 tahun. Tapi ketika mencapai awal pubertas panjang penis rat-rata 6 cm (dalam kondisi flexid). Setelah pubertas barulah 5 tahun kemudian penis ini masuk pada ukuran dewasa.

Panjang penis bayi baru lahir pada kondisi rileks umumnya 3,1-4,7 cm, anak umur 1 tahun 3,9-5,6 cm, dan anak umur 6 tahun 5,2-7 cm. Kekurangan 2,5 cm dari rentang ukuran normal masih tidak perlu dikhawatirkan. Penis yang kurang dari ukuran normal itu disebut penis kecil dan belum perlu terapi hormon. Namun, jika kekurangannya > 2,5 cm dari rentang ukuran normal, anak dapat disebut mikropenis sehingga perlu diterapi. Pada bayi gemuk, ukuran penis dapat terlihat lebih kecil meskipun sebenarnya normal karena penis tampak "tenggelam". Untuk mengukur penis, lakukan saat penis sedang relaksasi jangan saat ereksi, karena pasti ukurannya lebih pendek.

Terapi mikropenis pada anak adalah dengan menyuntikkan hormon testosteron secara berkala (biasanya maksimal 4x setiap 3 minggu). Mikropenis hanya bisa ditanggulangi sebelum memasuki masa akil balig atau maksimal saat anak berusia 12 tahun. Lewat dari itu, tidak akan menunjukkan hasil maksimal, bahkan boleh dibilang tidak ada gunanya. Terapi ini sebagian menunjukkan hasil yang cukup baik jika dilakukan sedini mungkin.

Untuk memastikan apakah anak Anda termasuk mikropenis sebaiknya dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak atau spesialis bedah urologi mengenai masalah anak Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Ukuran Penis Bayi Kecil. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar