Sukses

Sariawan Vagina

29 Aug 2018, 11:10 WIB
Pria, 25 tahun.

Hallo dok saya mau tanya...ada luka seperti sariawan di bibir kemaluan saya...dan ada keluar cairan putih....itu penyakit menular apa ya dok

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya tentang sariawan di bibir vagina melalui fitur Tanya Dokter.

Apakah ada keluhan lain seperti keputihan selain sariawan di bibir vagina?Apakah Anda sudah pernah melakukan hubungan intim?

Sariawan di bibir vagina sesungguhnya merupakan penyakit kulit dan kelamin yang kerap disebabkan oleh Infeksi Menular Seksual (IMS).

Apabila Anda atau pasangan seksual Anda memiliki riwayat multipartner maka kemungkinan besar disebabkan oleh IMS. Infeksi yang terjadi dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, parasit, jamur.

Sariawan di vagina secara medis adalah herpes genital/kelamin. Gejala utamanya yaitu rasa perih, nyeri, gatal, dan terdapat ruam kemerahan hingga melenting di area kelamin. Terkadang penyakit ini tidak menimbulkan gejala apapun.

Penyebab genital herpes adalah virus Herpes Simpleks (HSV). Penularan virus ini utamanya melalui hubungan seksual. Pada saat terinfeksi pertama kali, virus ini tidak langsung menimbulkan keluhan dan kelainan. Virus ini 'tidur' (dorman) di dalam tubuh Anda dan dapat sewaktu-waktu aktif kembali ketika kondisi tubuh sedang menurun.

Terdapat 2 tipe HSV yang dapat menyebabkan genital herpes:

HSV tipe 1 - umumnya menyebabkan demam, perih dan lenting-lenting di sekitar bibir dan mulut. Virus ini dapat menyebar ke area kelamin melalui seks oral. Kekambuhannya lebih jarang dibandingkan dengan infeksi HSV tipe 2.HSV tipe 2 - merupakan virus yang paling sering menyebabkan genital herpes. Virus menyebar melalui hubungan seksual dan kontak kulit. Virus ini sangat menular sekalipun Anda tidak memiliki keluhan atau kelainan yang kelihatan.Bila ada gejala awal, dapat seperti gejala flu, yaitu pembengkakan kelenjar getah bening di selangkangan, sakit kepala, nyeri otot (pegal-pegal) dan demam. Sedangkan gejala pada kelamin yang dapat timbul adalah sebagai berikut:

Rasa perih/nyeri maupun gatal yang dimulai sejak 2-10 hari setelah berhubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi HSVMuncul lenting-lenting kecil kemerahan beberapa hari kemudian, yang dapat mengeluarkan cairan beningUlkus (luka dalam) yang terbentuk ketika lenting pecah atau berdarahKoreng yang terbentuk ketika ulkus menyembuhGejala nyeri umumnya akan terus dirasakan hingga infeksi menyembuh. Bila sudah terbentuk ulkus, dapat menimbulkan rasa sakit saat BAK.

Gejala perih/kemerahan/lenting muncul pada area di mana virus masuk ke dalam tubuh Anda. Anda sendiri dapat menyebarkan infeksinya ketika menyentuh luka dan kemudian menyentuh atau menggaruk area lain di tubuh Anda, termasuk mata. Pada pria, luka ini bisa terdapat di bokong, anus, mulut, penis, buah zakar, paha, dan uretra (saluran keluar kencing).

Genital herpes umumnya dapat menyembuh sendiri secara spontan. Penggunaan obat-obatan seperti antivirus yang diminum maupun dalam bentuk salap umum diresepkan untuk mempercepat penyembuhan dan memutus penyebaran virus.

Penyakit ini hanyalah salah satu dari berbagai macam kelainan kulit pada kelamin. Tentunya, apa yang disampaikan di sini tidak dapat menggantikan pemeriksaan dokter yang sesungguhnya. Kelainan kulit perlu dilihat secara langsung agar didapatkan diagnosis yang tepat. Karena itu, kami sarankan agar Anda segera berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar sariawan di vagina. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar