Sukses

Haid Tidak Teratur

29 Aug 2018, 11:07 WIB
Wanita, 21 tahun.

selamat sore dok, ada 2 hal yg ingin saya tanyakan. pertama, kenapa sejak saya masuk SMP sudah tidak teratur lagi menstuasi sampai sekarang umur 21thn. saya sdh pernah ke dokter dan disarankan ke dokter kandungan untuk diperiksa rahim dll. tapi saya belum lakukan krn masih takut. apakah itu solusi terbaik saat ini dok? kedua, sejak tahun 2015 teman saya sudah mencukur bulu kaki kemudian infeksi dengan rasa gatal, ketika sudah kering kemudian gatal, dia garuk dan berair lagi. dan parahnya setiap luka itu kering rasa ingin mencungkil menjadi jadi dan pakai peniti terkadang peniti yg kotor atau berkarat. hingga akhirnya melebar dan tebal terasa menyatu sekali dengan daging. hingga menggunakan salep CINOLON N rasa gatalnya menghilang dan beberapa luka sejenis namun kecil ukurannya menghilang. mohon pendapat dokter luka atau penyakit sejenis apakah ini, dan sudah 3 tahun menggunakan salep ini. apakah tidak masalah?? atau bagaimana untuk tindak lanjutnya dok? terimakasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Penyebab Haid Tidak Teratur melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Siklus haid tidak teratur dapat terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal dan gangguan organ reproduksi. Adapun siklus menstruasi tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

1. Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama2. Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)3. Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 304. Malnutrisi (kurang gizi)5. Stres psikologis6. Atlet7. Kekurangan vitamin K8. Penggunaan obat-obatan tertentu9. Kelainan pembekuan darah10. Gangguan hormon tiroid

Untuk mengetahui ada/tidaknya gangguan organ reproduksi memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan ulang terkait kondisi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Haid Tidak Teratur. Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar