Sukses

Batuk dan Sesak Pada Anak

29 Aug 2018, 10:41 WIB
Wanita, 40 tahun.

Slmt mlm dok....mhon info...anak sy umur 5 th 10 bln skrg batuk hidung trsumbat keringat di dahi dn nafas agak bunyi...sring sprti ini dn sdh priksa lab srta foto rontgen bln april llu...hsilnya brongkitis kronik...sblumnya DSA 1 mndiagnosa Asma brongkial...DSA 2 mndiagnosa brongkitis...dn DSA 3 mndiagnosa paru2 basah dn asma....sy jdi bngung sbnarnya anak sy sakitnya yg bnar apa...kok dokter beda2 diagnosanya... Bila sesak nafas d sarankn mnggunakn nebulizer dn kbtulan sy mnyediakn d rmh..dg obat combivent...sblumnya sy prnh pke 1 ampul combivent utk nebul anak sy umur 5 th berat bdan 17 kg...tpi doktr 1 bilang 1/2 ampul sja...sbnarnya dosis yg bnar buat anak sya bgmn dok. Trima ksih sblumnya.

Terima kasih telah bertanya seputar batuk dan sesak pada anak menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Anak kecil memang memiliki daya tahan tubuh yang relatif lemah, oleh karena itu lebih mudah terserang pernyakit bila dibandingkan dengan orang dewasa. Hingga usia 1 tahun, anak bisa sakit 8-12 kali pertahun. Selanjutnya, anak sakit rata-rata 6-8 kali.

Batuk dan pilek pada anak, pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus akan sembuh sendiri (self limiting disease) dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak akan sangat potensial untuk sering mengalami batuk-pilek. Kemungkinan kedua penyebab batuk pilek pada anak adalah alergi.

Menghirup uap panas juga banyak membantu saat mengalami batuk dan pilek sehingga terasa lebih nyaman. Anda juga dapat mengoleskan minyak telon pada dada bayi Anda sehingga bayi terasa lebih nyaman dan hangat. Jika Anda menyusui anak yang paling dibutuhkan adalah cairan (ASI) untuk mengencerkan dahak sehingga nafas menjadi lega.

Untuk mencegah agar anak tidak sering batuk-pilek maka seringlah cuci tangan sebelum menggendong anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, dan jaga kebersihan di rumah. Apabila anak mengalami sesak nafas, kebiruan, luar biasa rewel, dan demam lebih dari 72 jam, atau jika batuk anak Anda tidak juga kunjung sembuh maka segeralah menghubungi dokter anak, mungkin telah terjad infeksi bakteri dan diperlukan pengobatan antibiotik

Untuk mambantu mengencerkan dahaknya, anda dapat memberikan uap dari NaCl. Untuk takaran pengobatan, kami sarankan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Demikian informasi seputar batuk dan sesak pada anak yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar