Sukses

Tanda Lahir di Wajah

29 Aug 2018, 10:32 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok saya mau nanya apakah babak atau tanda lahir di wajah bisa hilang tapi saya sudah mencoba menggunakan bahan alami sudah menipis sedikit gimana ya dok apakah saya harus mencoba lagi apa harus ke dokter kulit ya

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang tanda lahir melalui fitur Tanya Dokter.

Tanda lahir yang berwarna kecoklatan kerap disebut dengan tompel oleh masyarakat awam. Tompel ini termasuk ke dalam tahi lalat. Secara medis, ini disebut dengan nevus, yaitu bercak berpigmen pada kulit.

Nevus umumnya muncul saat lahir atau segera setelah lahir, terbanyak pada dewasa muda, dan menurun dari orang tua.

Pada dasarnya nevus tidak memberikan gejala apa-apa jika memang nevus itu jinak. Namun, perlu dikenali tanda-tandanya jika nevus itu ganas antara lain :

Terjadi perlukaan dan perdarahan spontanMembesar dan warna lebih gelapPigmen menyebar dari ke kulit sekitarnyaDisekitarnya ada lesi-lesi yang lebih kecil mengelilinginyaTerjadi peradangan tanpa didahului trauma/cederaNyeri dan gatalNevus umumnya tidak memerlukan terapi kecuali bila pasien menginginkan nevus diangkat atau dokter mencurigai perubahan kearah keganasan.

Hingga kini, satu-satunya cara yang efektif untuk menghilangkan tanda lahir adalah dengan terapi laser. Kendati demikian, angka keberhasilan setiap individu sangat bervariasi. Selengkapnya tentang terapi laser dapat Anda baca di sini: Terapi Laser untuk Tompel.

Untuk memastikan kondisi kulit dan pilihan terapi terbaik, kami sarankan agar Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar tanda lahir. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar