Sukses

Dampak Radiasi Gadget

29 Aug 2018, 10:03 WIB
Wanita, 7 tahun.

Dokter, adik saya tidak bisa berhenti bicara, padahal dia sudah lelah dan ingin berhenti. Dia bicara tidak jelas sampai kelelahan. Hari ini di sekolah katanya dia jatuh di tempat wudhu, dia juga suka main gadget.. apa itu berpengaruhya dok? Kira2 adik saya kenapa ya? Mohon bantuannya dok..

Terima kasih telah bertanya seputar radiasi gadget menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda. Berapakah usia adik Anda? Sejak kapan hal ini terjadi? Apakah adik Anda terbiasa main gadget di rumah? Berapa lama waktu yang diberikan untuk adik Anda main gadget? 

Namun pada prinsipnya, banyak penelitian yang dilakukan untuk mencari efek samping dari radiasi elektromagnetik yang dikeluarkan oleh telepon genggam. Penelitian-penelitian tersebut terutama berhubungan dengan efek radiasi terhadap otak. Pada binatang, ditemukan bahwa frekuensi radio telepon genggam dapat mempercepat pertumbuhan kanker. Namun, belum ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa radiasi tersebut berbahaya bagi kesehatan manusia atau sebaliknya. Karena itu masih terus dilakukan penelitian dalam hal ini. Untuk kesehatan mata, melihat dengan jarak dekat terus menerus dapat membuat mata lelah (astenopia).

Walaupun hal-hal ini perlu diteliti lebih lanjut, tidak ada salahnya kita berhati-hati, dengan mengurangi paparan radiasi telepon genggam pada tubuh, baik pada kepala maupun organ bagian bawah tubuh. Jika adik Anda masih suka berbicara tidak jelas kami sarankan agar di lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis anak untuk mendapatkan penangan yang sesuai.

Demikian informasi seputar radiasi gadget yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar