Sukses

Kemungkinan Hamil

29 Aug 2018, 08:46 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok, saya mau tanya. Pada tanggal 13 agu sampai 18 agu adalah masa saya haid. Lalu, tanggal 25 agu yang lalu, saya berhubungan dengan suami saya dan itu pertama kalinya kami berhubungan selama seumur hidup dan suami saya mengeluarkannya di luar miss v saya. Lalu, keesokan harinya saya merasa mual tapi tidak muntah, lelah dan lemas, perut kembung, dan selalu ingin bersendawa. Lalu, kemarin saya meminum alkohol bersama suami saya untuk mencegah kehamilan karena memang kita belum ingin untuk mempunyai anak dan sekarang saya malah lemas dan diare. Pertanyaan saya adalah 1. Apakah pada saat saya berhubungan dengan suami saya merupakan masa subur saya? 2. Akankah saya hamil jika itu hubungan pertama kalinya seumur hidup dan mengeluarkan cairannya di luar miss v saya? 3. Mengapa saya mengalami gejala-gejala seperti itu pada keesokan harinya? Apakah pertanda hamil? 4. Apakah benar alkohol memperhambat pertumbuhan kehamilan? Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya seputar kemungkinan hamil menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Terdapat 2 komponen penting dalam proses kehamilan, yaitu

Sel telur wanita. Hanya dikeluarkan 1 kali pada tiap siklusnya, disebut sebagai proses ovulasi. Bertahan 24 jam pada saluran tuba rahim, kemudian akan meleburkan diri jika tidak dibuahi.Sperma. Jika dikeluarkan didalam vagina wanita, akan dapat bertahan hidup hingga 5 hari.Kehamilan dapat terjadi bila ada pembuahan sel telur wanita oleh sperma pria. Sperma yang keluar disemprotkan ke dalam vagina wanita nanntinya akan berjalan menuju saluran rahim tempat sel telur menunggu. Kesempatan untuk terjadinya kehamilan adalah pada saat masa subur, yaitu saat ovulasi yang dihitung 14 hari sebelum haid sebelumnya, kemudian ditambahkan 5 hari sebelum dan 1 hari sesudah hari ovulasi tersebut.

Jika sperma telah masuk namun tidak pada masa subur, peluangnya kecil untuk terjadi kehamilan, karena tidak ada sel telur yang dibuahi. Kehamilan bisa saja terjadi walaupun Anda baru pertama kali berhubungan seks, terlebih jika Anda melakukannya saat pasangan Anda sedang berada dalam masa subur. Perhitungan masa subur seorang wanita sendiri bergantung dari siklus haid nya. Bagaimana siklus haid pasangan Anda selama ini? Untuk memastikannya, kami menganjurkan agar Anda dapat melakukan testpack atau memeriksakan diri lebih lanjut dengan dokter spesaialis kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar