Sukses

Mata Bayi Berair

29 Aug 2018, 04:17 WIB
Pria, 31 tahun.

Selamat malam dok, saya mau bertanya anak saya yang usia 10 bulan, salah satu matanya selalu berair sampai jadi belek. Sebenarnya dari sejak lahir selalu begitu dok, tapi terkadang reda terkadang parah. Bagaimana penanganannya yah dok.? Mohon penjelasannya..

Terima kasih telah bertanya seputar mata bayi berair dan belekan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Mata belekan pada bayi baru lahir merupakan hal yang wajar. Hal ini terjadi karena kelenjar air mata yang kerjanya belum sempurna, di mana katup air mata pada bayi masih tertutup pada saluran air mata yang menghubungkan air mata dengan rongga hidung. Sumbatan ini menyebabkan air mata yang diproduksi oleh kelenjar air mata di sekitar kelopak mata tidak dapat mengalir ke rongga hidung, sehingga menyebabkan genangan di saluran yang terhambat, dan kotoran mata atau belek akan menumpuk pada mata.

Normalnya sebelum anak mencapai usia 7 bulan, saluran air mata dapat terbuka sempurna sehingga kotoran dan air mata dapat mengalir tanpa kendala. Jika karena satu dan lain hal terjadi penyumbatan yang mengakibatkan anak belekan, tindakan yang dapat dilakukan adalah memijat-mijat pangkal hidung anak. melakukan pemijatan lembut menggunakan telunjuk di daerah pangkal hidung ke arah bawah. Pijatan ini berfungsi untuk membantu “membuka” saluran air mata yang tersumbat. Perlu diingat untuk hindari menyentuh mata anak dengan tangan kotor.

Warna feses bergantung pada lama makanan/minuman berada dalam saluran pencernaan dan cairan empedu yang masuk ke saluran cerna dan memberi warna feses. Feses kuning umumnya menandakan bahwa makanan/minuman melewati saluran cerna secara cepat, jika proses pencernaan melambat, maka warna feses dapat menjadi hijau hingga kecoklatan. Pada bayi perubahan warna feses menjadi hijau masih dapat dikatakan sebagai suatu perubahan yang normal, selama tidak disertai oleh keluhan-keluhan lain, seperti nafsu makan menurun, terdapat darah pada BAB, muntah, bayi lebih rewel, berat badan menurun, dan lain sebagainya.

Selain itu feses bayi memang umumnya tidak berbentuk, bisa seperti pasta/krem, berbiji (seeded), dan bisa juga seperti mencret/cair. Frekuensi buang air besar pada bayi bervariasi, dapat 4 - 10 kali sehari atau sebaliknya, sekali dalam 3 - 7 hari.

Feses yang berubah menjadi hijau dapat terjadi karena bayi Anda hanya mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah lemak. 

Demikian penjelasan tentang mata bayi berair dan belekan yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar