Sukses

Epilepsi pada Ibu Hamil

29 Aug 2018, 02:54 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya mau bertanya, apakah perempuan yg menderita epilepsi bisa hamil dan mempunyai anak dengan normal? Jika bisa... apakah efek obat epilepsi yg di komsumsi bisa memberikan dampak buruk ketika hamil. Saya penderita epilepsi namun yg saya alami blm sampai saya kejang2, ketika kambuh saya akan ngeblank dan kosong lalu kaki mengalami gerak tak terkendali dalam waktu beberapa detik saja dan obat yg saya komsumsi jg dalam dosis rendah. Saya dilemi ingin mempunyai anak tp jg takut kalau obat yg saya komsumsi bisa menyebabkan efek buruk untuk janin. Terimakasih.

Terima kasih telah bertanya seputar obat epilepsi untuk ibu hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Obat epilepsi sejauh ini belum dipastikan dapat menyebabkan gangguan haid. Apakah anda sudah memeriksakan diri ke dokter kandungan anda mengenai hal ini?Ibu hamil tetap harus menggunakan obat anti epilepsi untuk mengontrol timbulnya serangan epilepsi pada ibu yang hamil. Meskipun begitu, obat anti epilepsi dapat menimbulkan efek samping untuk janin, seperti kelainan kongenital (cacat bawaan). Terapi yang dianjurkan ialah penggunaan monoterapi dengan dosis serendah mungkin pada awal kehamilan. Dosis dapat dinaikkan pada trisemester ketiga kehamilan. Pada tahap lanjut dapat diberikan juga vitamin K (20mg/hari) untuk mencegah perdarahan neonatal.

Karena kasus anda, kehamilan perlu direncanakan dengan baik agar dapat berlangsung aman. Sebelum hamil, sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter spesialis kebidanan dan kandungan dan saraf. Utarakan keadaan anda dan rencana untuk hamil. Proses kehamilan aman dapat didiskusikan lebih lanjut dengan dokter anda.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar obat epilepsi untuk ibu hamil, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar