Sukses

Gatal - gatal seluruh tubuh

28 Aug 2018, 20:57 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat sore dok, jasi begini saya punya penyakit kulit mirip kurap sejak kelas 6 SD (sekarang kuliah semester 5) jadi saya sering kasih obat kurap namun tak pernah sembuh, disarankan diapotik memakai Cinolon N jadi saya pakai dan Alhamdulillah hilang. Tapi hanya sesaat kemudian gatal-gatalnya kembali lagi, ketika saya minum obat anti jamur (cetirizine+kenotozole) malah bengkak2 diseluruh tubuh. Lalu saya pun terus memakai Cinolon N saja setiap muncul, namun sekarang makin parah karena gatal-gatalnya muncul dikaki, perut, leher, tangan, lengan, punggung, diseluruh tubuh dan kalau dibiarkan sangat gatal dan membekas seperti luka bakar. Akhirnya saya kedokter kulit, setelah dokternya liat kulit saya yang parah ini kata dokternya saya kena eksim, saya tidak bisa kena debu. Lalu dikasih salep racikan dan obat Lameson-8, Asthin Force 4 dan Logista. Saya konsumsi selama 10 hari, Alhamdulillah hilang gatal-gatalnya dan kulit tidak kasar sedikitpun (kalau pake cinolon N kadang masih ada yang kasar walau hilang) namun setelah berlalu dua minggu sekarang ini kambuh lagi, saya tidak tahu harus bagaimana karena kalau debu saya sudah berusaha hindari. Namun sampai sekarang masih gatal2 dan munculnya diseluruh tubuh. Ini bagaimana ya dok, soalnya beneran diseluruh tubuh dan sangat pedis, bekasnya pun seperti luka bakar. Mohon sarannya, terimakasih. Ohiya dok saya baca diinternet eksim juga bsa kena penderita asma ya?kebetulan saya punya asma bawaan dari lahir apa itu ada kaitannya dengan penyakit kulit yang saya derita. Terimakasih

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya, kami perlu mengetahui informasi lebih jauh mengenai masalah kulit Anda seperti, ukuran, bentuk, luasnya, daerah sekitarnya, adakah keluhan gatal, atau keluhan lainnya? apakah keluhan menetap atau hilang timbul? Sudahkah Anda melakukan test alergi?

Untuk memastikan diagnosis keluhan kulit Anda, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk mengetahui sebab pasti dan mendapatkan terapi yang sesuai. Karena masalah kulit memang paling baik didagnosis lewat pemeriksaan langsung untuk mengetahui ujud kelainan kulit yang ada. 

Terkait pertanyaan Anda terhadap alergi protein, hampir semua makanan yang Anda makan sehari - hari mengandung protein. Semisal nasi putih mengandung protein, walaupun rendah. Jadi belum tentu Anda alergi terhadap protein. Bisa jadi Anda alergi terhadap makanan tertentu saja yang kebetulan mengandung protein tinggi sehingga Anda mengira bahwa Anda alergi protein. Semisal saat Anda makan telur atau kacang - kacangan. Jika memang betul Anda alergi akan makanan tertentu, yang bisa dilakukan adalah menghindari pencetusnya dan jika sudah timbul gatal - gatal maka bisa diberikan obat. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    1 Komentar

    • Ifa******a Azhar

      Luasnya itu berbeda2 tiap area dok, tapi sangat banyak dipunggung, leher, pinggul, tangan, kaki. Sangat gatal dan memerah kalau digaruk pedis dan tidak hilang dengan sendirinya kalau saya tidak kasih cinolon N. Dan kulitnya ruam parah. Kalau sudah diksih Cinolon N kulit akan kering dan mengelupas