Sukses

Seputar Ca 125

28 Aug 2018, 20:57 WIB
Pria, 30 tahun.

Dok , hasil test CA 125 nenek saya 329.30 (DUPLO) U/ML, nilai rujukan 0.00-35.00, metode yg digunakn ECLIA, apakah itu normal Dok ? Mohon penjelasannya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. CA-125 merupakan protein yang disebut juga tumor marker atau biomarker, yaitu suatu substansi yang ditemukan dalam jumlah besar pada sel-sel tumor dibandingkan pada sel-sel lain dalam tubuh. Protein ditemukan dalam jumlah banyak terutama pada sel-sel kanker indung telur (ovarium). Kadar CA-125 normalnya dibawah 35 namun setiap laboratorium dapat memiliki nilai batas berbeda sehingga hasil bergantung dari nilai batas laboratorium tersebut,

Peningkatan kadar CA-125 dalam darah juga ditemukan pada keadaan tumor tuba falopii, dinding uterus paru, payudara, atau saluran pencernaan. Namun, peningkatan juga dapat ditemukan pada keadaan yang "ringan" seperti infeksi dalam saluran pencernaan, saluran pernapasan, menstruasi, kehamilan, endometriosis, tumor jinak indung telur, dan penyakit liver atau hepar.

Apakah keluhan yang Anda  alami sehingga melakukan pemeriksaan ini? Kami menyarankan Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda untuk mengetahui kemungkinan penyebab kenaikan kadar CA-125 ini.  Karena sejatinya pemeriksaan laboratorium merupakan pemeriksaan penunjang yang fungsinya menunjang hasil pemeriksaan fisik, wawancara medis, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. 

Salam,   

    0 Komentar

    Belum ada komentar