Sukses

Alzheimer Usia Muda

28 Aug 2018, 20:58 WIB
Wanita, 16 tahun.

Begini dok, saya mau tanya tentang penyakit alzheimer. Apa penyakit itu bisa menyerang pria muda? Seperti yg pernah saya baca salah satu akibat alzheimer juga karna pernah mengalami cedera dalam sebuah kecelakaan. Apa iti benar? Dan apa alzheimer diusia muda sangat bebahaya? Sebenarnya saya ingin buat cerita ttg penderita alzheimer diusia muda, makanya saya konsultasi dulu ke dokter.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter dan bertanya mengenai alzheimer. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kepikunan alzheimer tidak datang tiba-tiba. Walaupun belum ditemukan penyebab utamanya, alzheimer dapat menunjukkan gejala sejak usia

Alzheimer merupakan penyebab yang umum untuk kasus demensia – hilangnya intelektual dan kemampuan bersosialisasi yang cukup parah untuk mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Pada penyakit Alzheimer, kesehatan jaringan otak mengalami penurunan sehingga menyebabkan menurunnya daya ingat dan kemampuan mental.

Berikut adalah 10 gejala alzheimer yang umumnya terjadi;

1. Gangguan daya ingat

Penderita alzheimer kerap lupa kejadian yang baru terjadi, lupa janji, dan membicarakan hal yang sama berulang kali. Hal ini terjadi berulang kali, hingga kadang membuat orang lain kesal.

2. Sulit fokus

Orang dengan alzheimer sulit melakukan pekerjaan sehari-hari. Mereka juga butuh waktu lebih lama menyelesaikan pekerjaan.

3. Sulit melakukan kegiatan familiar

Penderita alzheimer sulit melakukan tugas sehari-hari. Mereka juga kesulitan melakukan hal yang biasa seperti mengemudi, menulis, atau menghitung.

4. Disorientasi

Penderita alzheimer biasanya lupa tanggal dan hari penting. Mereka juga tidak tahu sedang berada dimana dan bagaimana jalan pulang.

5. Kesulitan memahami visuospasial

Penderita alzheimer kesulitan membaca, menentukan jarak, membedakan warna, dan tidak mengenali wajah sendiri. Umumnya mereka tidak mengenali suatu benda hingga salah sebut, atau tidak pas meletakkam sesuatu.

6. Gangguan komunikasi

Penderita alzheimer kesulitan berbicara dan mencari padanan kata yang tepat. Mereka juga kerap berhenti di tengah pembicaraan, dan bingung melanjutkannya.

7. Menaruh barang tidak pada tempatnya

Orang dengan alzheimer kerap lupa dimana meletakkan sesuatu. Terkadang mereka menuduh orang lain memindahkan dan mencuri barang tersebut.

8. Salah membuat keputusan

Penderita alzheimer kerap berpakaian tidak serasi, dan tidak bisa merawat diri dengan baik.

9. Menarik diri dari pergaulan

Penderita alzheimer tidak bersemangat untuk bersosialisasi. Mereka juga cenderung mengurung diri.

10. Perubahan perilaku dan kepribadian

Emosi penderita demensia mudah berubah mulai dari bingung, curiga, depresi, takut, hingga menjadi kembali ramah. Mereka juga sangat bergantung pada orang lain.

Untuk memastikannya Anda perlu melakukan pemeriksaan pada dokter spesialis saraf. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri kepada dokter sedini mungkin bila memang keluhan ini sangat mengkhawatirkan.

Demikian, semoga informasi menegnai alzheimer ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter 

    0 Komentar

    Belum ada komentar