Sukses

Tremor Setelah Minum Obat

28 Aug 2018, 19:56 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat siang, dok saya mau tanya. Saya sudah 1 minggu lebih sakit batuk kering disertai pilek. Kemudian saya berobat kerumah sakit, dan diberi obat antibiotik sedrofen (cefadroxil 500mg), cortidex (dexamethasone 0,5mg), promedex (dexomethorpan HBr 15mg, guaifenesin 100mg, chlorphenamine maleat 1mg) dan astharol (salbutamol 4mg). Masing2 obat diminum 3 kali sehari setelah makan. Setelah saya minum obat2an tsb, bbrpa saat kenudian kedua tangan saya tremor dok, yg paling terasa ada di tangan sebelah kiri. Apakah ini efek obat nya dokter? Dan dari obat yg mana? Karena saya sblum nya setiap kali berobat belum pernah mengalami ini. Ini sudah hari kedua saya minum obat, dan selalu tremor setiap kali habis mnum obat2an tsb. Apakah perlu dilanjut dokter saya konsumsi obat tsb, atau sebaiknya di hentikan? Mohon di jawab ya dok, terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Tremor Setelah Minum Obat.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Tremor merupakan suatu gerakan kontraksi dan relakasi otot yang ritmis yang terjadi pada organ tubuh. Paling banyak tremor terjadi pada tangan. Banyak hal yang dapat menyebabkan tremor seperti : 

  1. Beberapa penyakit seperti kelainan saraf (multiple sclerosis, parkinson, beberapa penyakit degeneratif), gagal ginjal, hipertiroid, hipoglikemia, dan banyak lagi. 
  2. kelainan psikis seperti gugup, stres.
  3. Kurangnya tidur, terlalu capek, kurang beberapa jenis vitamin, kelebihan kopi dan soda.

Jika tremor muncul setelah konsumsi obat, kemungkinan disebabkan oleh efek samping dari obat Salbutamol. Namun, untuk memastikan penyebab tremor Anda sebaiknya diperiksakan kembali ke dokter yang merawat Anda. Segera lah memeriksakan diri ke dokter dan hentikan konsumsi obat sementara waktu.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Tremor Setelah Minum Obat. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar