Sukses

Patah Tulang Selangka
28 Aug 2018, 13:18 WIB
Pria, 46 tahun.

Sebulan yg lalu saya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan tulang selangka kanan patah. Di rumah sakit dironsen dan disarankan dioperasi tapi saya mau berunding dg keluarga, dari saran keluarga berobat ke ahli tulang aja. Setelah satu bulan ini saya senang kata terapisnya sudah nyambung paling ada benjolan sedikit wajar karena proses perekatan tulang saya disarankan untuk latihan mengangkat tangan kanan sampai atas, dan disarankan dironsen lagi. Saya merasa sedih, dan bingung karena hasilnya "Tampak fraktur clavicula dextra. Masih tampak non/malunion". Mengingat biaya operasi mahal, pertanyaan saya, bisakah saya dengan keadaan tanpa operasi menjalankan kegiatan sehari-hari, kebetulan saya berangkat dan pulang bekerja naik motor, saya kerja sebagai TU.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar Patah Tulang Selangka menggunakan KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pada dasarnya, tulang yang patah secara alamiah memang akan menyambung dengan sendirinya. Namun, tanpa bantuan penanganan dokter, penyambungan yang terjadi tidak akan sempurna. Tanda penyambungan yang tidak sempurna misalnya miring (tampilan luar akan berubah), ada penonjolan abnormal (sebelumnya tidak ada benjolan), dan yang paling buruk adalah terganggunya saraf atau pembuluh darah. Bila terganggu penyambungannya, tentunya fungsinya juga dikhawatirkan tidak sempurna. Misalnya tidak lagi berfungsi seperti sepenuhnya.

Kami menyarankan agar Anda membuat asuransi kesehatan seperti BPJS untuk membantu pembiayaan Anda. Sebaiknya penanganannya tetap dilakukan oleh dokter.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan seputar Patah Tulang Selangka, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar