Sukses

Jari Bengkok karena Diabetes
28 Aug 2018, 13:02 WIB
Pria, 26 tahun.

sya mau nanya dok.. bpak saya perna terkena diabetes basah, tapi skrg udah sembuh, cuma tangan sebelah kiri nya sakit2, sampai2 sekarang jari2 nya cacat sampai bengkok,, udh berbulan2 sakit jari2 nya gk hilang2, pdahal udah d behda, yg ada tambah parah bengkok nya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada umumnya nyeri dan kaku pada sendi jari-jari tangan ataupun kaki diakibatkan oleh penyakit rhematoid arthritis. Meski demikian, tidak semua nyeri sendi jari-jari dan pergelangan tangan selalu akibat penyakit rematik.

Sejak kapan Anda merasakan keluhan tersebut? Kapan Anda merasakan keluhan tersebut, apakah hanya pagi hari ketika bangun tidur? Adakah nyeri di sendi jari-jari yang lain? Sangat disayangkan keluhan yang Anda sampaikan kurang lengkap. Namun, kami menduga keluhan Anda dapat disebabkan oleh Artritis Reumatoid (AR) atau orang awam sering menyebutnya dengan rematik.

Artritis Reumatoid (AR) salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit peradangan bagian dalam kapsul sendi karena adanya antibodi abnormal yang justru menyerang bagian tubuh sendiri, yakni kapsul sendi. Penyakit ini ditandai oleh peradangan sinovium yang menetap, suatu sinovitis proliferatifakronik non spesifik. Dengan berjalannya waktu, dapat terjadi erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi. Akhirnya, kondisi ini dapat pula mengenai berbagai organ tubuh.

Penyakit ini timbul akibat dari banyak faktor mulai dari genetik (keturunan) sampai pada gaya hidup kita (merokok). Salah satu teori nya adalah akibat dari sel darah putih yang berpindah dari aliran darah ke membran yang berada disekitar sendi.

Apabila keluhan Anda berlanjut dan semakin mengganggu aktivitas, maka kami menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam. Untuk menentukan penyebab dari keluhan Anda, dokter akan melakukan wawancara menyeluruh dan pemeriksaan fisik lengkap, serta pemeriksaan penunjang bila diperlukan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar