Sukses

Benjolan di Bekas Jahitan

28 Aug 2018, 12:43 WIB
Wanita, 20 tahun.

Ass dok.. Sekitar 10 tahun lalu saya mengalami kecalakaan motor .terus bibir saya saat itu robek dan kena jahit tapi setelah jahitannya di hilangkan muncul berupa benjolan kecil di samping bibir saya yang terlihat seperti sebuah kelainan .. Jadi saya ingin bertanya dok tips apa yang dapat saya lakukan untuk menghilangkan benjolan tersebut dan jika jalan satu satunya operasi maka apakah biaya itu di tanggung bpjs atau tidak dok Terima kasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Benjolan tersebut tentunya perlu ditelusuri lebih lanjut. Apakah benjolan seperti berisi cairan atau padat (walaupun lembek), apakah benjolan dapat digerakkan, apakah benjolan tersebut berwarna? Apakah terasa nyeri? Apakah terdapat nanah? Sulit untuk mengetahui penyebab benjolan tersebut tanpa melihat dan memegangnya. Jika nyeri dan mengeluarkan nanah kemungkinan disebabkan oleh infeksi. Kemungkinan lain adalah benjolan yang ada berupa keloid. Keloid merupakan salah satu jenis dari jaringan parut yang merupakan hasil dari pertumbuhan yang berlebihan dari bekas kulit yang terluka, yang melebihi batas luka itu sendiri.

Saya menyarankan Ibu untuk berkonsultasi ke dokter. Dokter umum juga dapat membuat diagnosis benjolan tersebut. Jika melebihi kompetensinya, dokter tersebut akan merujuk Ibu ke dokter yang lebih ahli, tergantung diagnosisnya.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

0 Komentar

Belum ada komentar