Sukses

Kuning pada Bayi
28 Aug 2018, 09:34 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok mau tanya?? Ank saya berusia 5 bln,,, Saat ank saya berumur kurang dari 2 bln, mta ank saya kuning sampe kabadan, saya mmbawa ank saya untuk d priksa ke dokter ank, kmudian doktor menyarkn saya untuk mmbawa ank saya cek lab, ternyata hasil dari pemeriksn billirubin direk itu tinggi, sedangn billi rubin totl nua normal, kmudian ank saya cek lab kmbali smpe ke peses ank saya d cek Dan hasil dari peses ank saya normal, ternya ank saya mengali penyumbatan di hati dan empedu,,, Dokter nyarn kan saya untuk mmberi asi esklusip, tpi syng nya asi saya gk kluar sma sx, dan akhir nya dokter mnyarn saya untuk mmberikn susu pregistimil,sudah 20 kaleng hampir 2 bln saya mmberikn susu pregistimil dan hasil mata ank saya tdk kuning lag, badan nya pu. Mulah bersihh, tpu saya mash ragu dan masih ingi. Tau, apakh penyumbatan di hati dan empedu oada ank saya udh normal? Saya pergi lg ke dokter ank, lalu dokter merujuk ke rumh sakit yg lebih besar, agar bisa melakukn pemeriksaan ulang, smpe sana ank saya di cel lab lagi untuk yg ke seKian kali nya, hasil dari bilirubin pun kmbali normal, hasil dari usg pun pancernaan normal, semua pun sudah normal, tapi hasil dari leb yg terakhir mnunjukn bahwa GAMMA GT ank saya adalah H 490 sedangkn norml nya ajaha 12.0-64.0.. Itu penybab nya apa?? Sampai fungsi hati ank saya blm norma, bagai mna cara mnymbuh kn nya,??? Klw lma" d biarkn, akn berbaha buat ank saya?? Apa dampak dari penyebp itu?? Sblm nya maksh dok

Terimakasih telah bertanya tentang Kuning pada Bayi Baru Lahir melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kuning pada bayi baru lahir atau disebut juga ikterus neonatorum terjadi akibat penumpukan bilirubin. Keadaan ini bisa terjadi secara fisiologis (normal) ataupun patologis (akibat penyakit), yang biasanya dapat dilihat secara klinis. Bila kuning pada bayi baru timbul setelah 24 jam pertama kehidupan dengan kondisi bayi sehat secara keseluruhan, hal tersebut masih bisa dikatakan normal dan umumnya bersifat sementara. Beberapa keadaan ikterus (bayi kuning) yang cenderung menjadi patologis adalah:

Terjadi dalam 24 jam pertama kehidupanPeningkatan kadar bilirubin serum sebanyak 5 mg/dL atau lebih setiap 24 jamkterus yang disertai proses hemolisis (inkompatabilitas darah, defisiens G6PD, atau sepsis)Ikterus yang disertai oleh:Berat lahir <2000 gramMasa gestasi 36 mingguAsfiksia, hipoksia, sindrom gawat napas pada neonates (SGNN)InfeksiTrauma lahir pada kepalaHipoglikemia, hiperkarbiaHiperosmolaritas darahIkterus klinis yang menetap setelah bayi berusia >8 hari (pada bayi lahircukup bulan) atau >14 hari (pada bayi lahir kurang bulan/prematur)

Pada kasus anak Anda, kuning yang dialami kemungkinan besar bukan kuning yang biasa dan tidak dapat hilang dengan penggunaan obat tetes mata. Apakah kuning juga enjalar ke bagian tubuh lainnya? Perhatikan pula warna urin bayi, bila warnanya kuning tua atau cokelat, kemungkinan kadar bilirubinnya sudah sangat tinggi. Orangtua harus segera membawa bayi ke rumah sakit bila bayi tidak aktif, sering mengantuk, lemas, demam, dan tidak mau minum.

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter anak untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Kuning pada Bayi Baru Lahir. Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar