Sukses

Pertanyaan - #259977

26 Aug 2018, 13:50 WIB
Wanita, 25 tahun.

Saya Deasy usia 25th. Saya baru menikah 7 hari, pada hari kedua menikah ketika saya berhubungan tiba2 vagina saya mengeluarkan darah segar yg jumlahnya lumayan, setelah sy bersihkan tidak keluar lagi. Namun hari ini (hari ke 7 menikah), ketika sy buang air kecil tiba2 ada gumpalan darah berwarna gelap yg ikut luruh bersama air kencing dan sy merasa perut bagian bawah saya agak sedikit nyeri seperti mau haid. selain itu beberapa hari kemarin jg sy mengalami keputihan yg cukup banyak. pdhl terakhir sy haid tgl 11 bulan lalu. mohon informasinya dokter, apakah ada masalah dg vagina atau rahim sy ? terima kasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terimakasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter.

Yang Anda alami adalah perdarahan dari vagina setelah berhubungan intim. Perdarahan ini umum terjadi dan dapat muncul ketika Anda tidak haid atau tidak sedang menjelang haid. 

Perdarahan vagina setelah berhubungan intim paling sering terjadi pada wanita muda yang masih dalam rentang usia reproduksi seperti Anda. Jika terjadi pada usia ini, umumnya tidak memerlukan konsultasi dokter lebih lanjut. Namun, bila perdarahan sering terjadi atau selalu terjadi setiap setelah berhubungan intim, dapat merupakan tanda dari kondisi-kondisi berikut:

  • Infeksi, seperti penyakit radang panggul atau infeksi lainnya
  • Vagina yang kering (vaginitis atrofik) disebabkan karena kurangnya pelumas (utamanya setelah menopause)
  • Kerusakan pada vagina, seperti robekan jalan lahir
  • Polip serviks (leher rahim) atau polip endometrium (rahim) yang bersifat jinak
  • Ektropion serviks (erosi/luka lecet), di mana terdapat area yang meradang pada serviks
  • Pada kasus yang jarang dapat merupakan tanda kanker serviks atau vagina

Bila perdarahan vagina hanya terjadi sesekali setelah berhubungan intim, kemungkinan tidak ada yang perlu dicemaskan. Pada kondisi Anda yang mengalami keputihan, bisa saja disebabkan salah satunya karena keputihan Anda. Apabila keluhan ini terjadi setiap kali berhubungan intim maka kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter kebidanan dan kandungan Anda agar diperiksa secara menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai perdarahan vagina setelah berhubungan intim. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar