Sukses

Pertanyaan - #259557
26 Aug 2018, 13:47 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya gk tau ini termasuk ke dalam psikiatri atau tidak. Tapi, saya punya teman dia punya masalah dengan ingatannya. Jadi dia ini dulu abis tinggal di luar negri ada kecelakaan parah. Sebelum kecelakaan itu dia sempat mencari temannya yg hilang, tpi belum ketemu dia ada kecelakaan parah sampai sempat koma 1 bln. Setelah bangun itu dia tetap cari temannya tapi yg dicari beda org. Yg dia ingat temannya itu malah org asing yg satupun dri kita gk ada yg tau. Dia yakin banget temennya itu org itu. Pas tmennya yg hilang itu balik (org yg sesungguhnya) dia malah gk kenal sama sekali. Dan ngotot bukan dia yg dia cari selama ini. Itu dia kenapa ya dok? Apa nama penyakitnya?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah bertanya seputar amnesia melalui fitur Tanya Dokter.

Pada dasarnya, banyak hal yang mempengaruhi memori seseorang. Waktu terjadinya suatu kejadian dan keterlibatan faktor emosi saat kejadian itu berlangsung. Kejadian yang disertai gejolak emosi akan lebih lama dikenang sebaliknya kejadian yang datar datar saja lebih mudah dilupakan. Nah, memori yang tidak terlalu berkesan ini seiring dengan waktu akan menghilang jika tidak ada upaya untuk mengingatnya secara rutin. Ini merupakan hal yang wajar. Semakin sering diingat maka memori akan semakin lama melekat di pikiran.

Adapun beberapa penyakit yang memengaruhi memori adalah penyakit alzeimer, demensia vaskular, amnesia akiibat trauma kepala. dan lain-lain.Kemungkinan apa yang dialami oleh teman Anda berkaitan dengan trauma atau kecelakaan yang pernah dialami. Berkonsultasilah dengan dokter saraf jika anda ingin memeriksakan fungsi memori teman anda dengan lebih objektif.

Bergantung dari penyebab amnesia yang ada, penanganannya tentu berbeda-beda. Namun secara umum, beberapa terapi psikis seperti hipnoterapi dan memory recall dapat dilakukan untuk memicu agar memori yang terlupakan dapat muncul kembali.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar amnesia, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar