Sukses

Penyebab Benjolan dan Nyeri di Belakang Telinga

27 Aug 2018, 09:39 WIB
Wanita, 27 tahun.

Pagi dok .. saya mau tanya anak saya umur 4th mengeluh sakit di belakang telinga saat makan, lalu saya lihat dan pegang belakang telinga anak saya bengkak trus saat saya tekan terasa keras dan sakit . Itu penyakit apa ya dok ?? Mohon penjelasannya . Kalo harus ke dokter, saya harus dtg ke dokter apa ? Trima kasih

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai benjolan dan nyeri di belakang telinga melalui fitur tanya dokter. 

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Namun banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada belakang teling. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang anak Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. Benjolan di belakang telingan yang disertai nyeri bisa disebabkan penyakit Parotitis (gondongan).

Gondongan (Mumps, Parotitis Epidemika) adalah suatu infeksi virus menular yang menyebabkan pembengkakan unilateral (satu sisi) atau bilateral (kedua sisi) pada kelenjar liur disertai nyeri. Mumps disebabkan oleh paramyxovirus. Virus ini ditularkan melalui percikan ludah yang berasal dari bersin atau batuk penderita atau karena bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi oleh ludah penderita.

Yang terkena biasanya adalah kelenjar parotis, yaitu kelenjar ludah yang terletak diantara telinga dan rahang. Pada orang dewasa, infeksi ini bisa menyerang testis (buah zakar), sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara dan organ lainnya. Masa inkubasi adalah 14-24 hari.

Gejala dan tanda

Nyeri pada salah satu atau kedua kelenjar liur, disertai bengkak

Demam ringan, nyeri pada otot leher dan rasa lemas, sakit kepala

Nafsu makan berkurang, merasa tidak enak badan

Puncak bengkak pada 1-3 hari, dan berakhir pada 3-7 hari

Sudut mandibula tidak jelas

Posisi daun telinga meningkat

Makanan denagn rasa asam menyebabkan rasa nyeri pada kelenjar liur

 

 

Namun ini hanya dugaan sementara saja, kami sarankan anak Anda memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu untuk memeriksakan benjolan di leher anak Anda, karena tanpa diperiksa tidak dapat mengetahui benjolan tersebut berbahaya atau tidak. Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik yang menunjukkan adanya pembengkakan di daerah temporomandibuler (antara telinga dan rahang).

Jika benar anak Anda menderita parotitis, tidak ada terapi spesifik untuk parotitis/gondongan, karena penyebab infeksi ini adalah virus, antibiotik bukanlah terapi untuk penyakit ini. Yang harus dilakukan adalah istirahat cukup, makan makanan yang lunak, banyak minum air putih. Obat yang dapat diberikan berupa anti demam dan anti nyeri jika muncul keluhan demam atau nyeri. Penyakit ini biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu 2 minggu.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar