Sukses

Seputar Tanda Kehamilan

27 Aug 2018, 09:39 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanya kemaren pas bulan juli tgl 27 saya haid cuma dua hari ngeluarin flek warna coklat , saya kira tanda awal kehamilan ,terus pas di test hasil nya negatif ūüė≠ Tapi pas bulan agustus ini tgl 21 kemaren saya keluar darah merah muda lg, tp cuma sehari doang dok?apakah itu pertanda hamil atau yg lain?takut nya penyakit lain dok tp yg ini belom saya test pack takut kecewa lagi dok hasil nya negatif lg , tapi sebelum nya saya promil folavit+ever-e dok? tolong dok penjelasaan nya? Saya tunggu jwban nya secepat nya dok, makasih¬†

Terimakasih telah mengajukan pertanyaan mengenai tanda kehamilan melalui fitur tanya dokter. 

Tanda-tanda kehamilan dibagi menjadi tanda tidak pasti dan tanda pasti kehamilan. Dikatakan tanda tidak pasti karena masih terdapat beberapa keadaan lain yang dapat menyebabkan gejala serupa. Sedangkan tanda pasti didasarkan pada bukti objektif yang ditemukan melalui pemeriksaan fisis dan penunjang.

Salah satu¬†tanda tidak pasti¬†kehamilan adalah flek atau perdarahan saat terjadinya implantasi (penanaman) sel telur yang sudah dibuahi sperma pada dinding dalam rahim. Perdarahan ini biasanya muncul 10 ‚Äď 14 hari setelah terjadinya pembuahan. Gambaran dari darah yang keluar biasanya lebih berupa bercak-bercak (jumlahnya sedikit), warnanya lebih muda dari darah menstruasi biasa (antara merah muda sampai coklat), dan biasanya hanya keluar sebentar (1 hari). Jadi, mungkin saja darah yang keluar pada 21¬†Agustus tersebut merupakan darah implantasi. Tanda-tanda tidak pasti kehamilan yang juga dapat ditemukan, antara lain:

Terlambat haid

Pembengkakan dan nyeri payudara

Mual dan muntah

Perut kembung, kram, sulit buang air besar

Sering buang air kecil

Sakit kepala, sakit punggung

Peningkatan nafsu makan

Peningkatan suhu tubuh basal

Perubahan warna puting susu, warna kulit lebih gelap

Ketidakseimbangan mood dan stres, kelelahan, dsb

Sedangkan, tanda pasti kehamilan adalah:

Terasa bagian janin dan balotement serta gerak janin pada palpasi

Terdengar bunyi jantung janin (BJJ) pada auskultasi (dengan alat Doppler mulai minggu ke 9 ‚Äď 10 kehamilan)

Terlihat gambaran janin dengan menggunakan ultrasonografi (USG) atau scanning.

Selain tanda-tanda di atas, kehamilan dapat dideteksi berdasarkan hormon ß-hCG yang dihasilkan, misal dengan menggunakan Test Pack. Hormon ß-hCG dapat ditemukan 8 hari setelah pembuahan pada 5% wanita. Semakin besar usia kehamilan, kadar ß-hCG yang dihasilkan semakin meningkat, dan kemungkinan didapatkannya hasil positif semakin besar. Saya menyarankan Ibu untuk melakukan pemeriksaan kadar ß-hCG urin dengan Test Pack yang dijual bebas, tidak perlu takut ibu semakin dini diketahui, jika benar terjadi kehamilan akan diberikan perawatan sejak dini. 

 

Demikian, semoga bermanfaat. 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar