Sukses

Merawat Luka

27 Aug 2018, 11:07 WIB
Pria, 310 tahun.

Dok.saya mau tanya.anak saya umur 3 thn 9 bln baru saja di khitan karena menderita fimosis.dan sehabis di khitan di rmh skit.di anjurkan memakai diapers?apakah itu benar atau salah ya.karena anak saya masih merasakan nyeri ketika pipis,buang angin ataupun bab. Trus apakan sbaiknya menggunakan celana sunat? Obat apa yg di gunakan agar lukanya cepat kering?terima ksh

Terima kasih telah menggunakan fitur TanyaDokter KlikDokter.

Waktu penyembuhan luka yang diperlukan setelah operasi bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu. 

Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Basah/ lembab merupakan 'musuh' dari penyembuhan luka. Kondisi basah/ lembab menjadi sarang bertumbuhnya kuman yang bisa menyebabkan peradangan dan menunda penyembuhan luka.  Cara terbaik adalah mengganti perban/ kassa pembungkus tiap kali basah akibat keringat/ air mandi, yang terpenting adalah menjaga luka tetap kering. 

Bekas luka yang basah dapat menandakan telah terjadi infeksi luka, terutama bila telah keluar nanah dari luka tersebut. Untuk perawatannya yaitu berikan salep antibiotik, selalu ganti kain kasa pembungkus saat telah basah, dan jangan sampai luka basah saat mandi. Lebih baik Anda meminta bantuan dokter/ tenaga kesehatan untuk merawat luka tersebut.

Mengenai pemakaian diapers dan celana sunat, bisa dilakukan ataupun tidak. Silahkan dipilih yang sesuai dengan kenyamanan anak anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar