Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Penyebab Telat Haid

27 Aug 2018, 11:46 WIB
Pria, 21 tahun.

selamat malam dokter , saya ind usia 21 tahun, saya blum menikah tapi sudah melakukan hubungan seksual, pada 1 lelaki, 5bulan yang lalu saya pipisnya sakit dan dinyatakn pada dr kelamin saya mengalami menular seksual padahal saya tidak pernah berganti2 pasangan dok, tp saya sudah berobat dan sembuh. yang saya ingin tanyakan, saya seharusnya sudah datang bulan tapi bulan ini belum datang bulan, nah sekitar seminggu yang lalu saya keputihan berwarna coklat dibilang halangan tapi sedikit dibilang keputihan tapi terlalu banyak, sempat berwana kemerahan seperti darah tapi tidak terlalu merah dan hal tidak wajar itu terjadi seminggu lebih dok, yang ingin saya tanyakan saya harus dateng kedokter mana dok, untuk menghetahui saya sakit apa? sejujurna saya mau papsmear tapi saya sedang keputihan tidak normal seperti ini, apakah bisa dilakukan nya papsmear . jika keadaan seperti ini?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Penyebab Telat Haid melalui fitur Tanya Dokter.

Telat datang bulan memang salah satu tanda kehamilan, namun tidak pasti. Siklus haid memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu. Siklus menstruasi normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid anda selama ini? Penyebab tidak haid ada banyak sekali, belum tentu terjadi kehamilan. Sudahkah dilakukan pemeriksaan test pack?

Pertama izinkan kami menjelaskan tentang gangguan siklus haid.Adapun gangguan siklus menstruasi umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertamaPasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)Pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30Malnutrisi (kurang gizi)Stres psikologisAtletKekurangan vitamin KPenggunaan obat-obatan tertentuKelainan pembekuan darahGangguan hormon tiroidDan lain sebagainyaSelain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Penyebab Telat Haid. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar