Sukses

Kemungkinan Hamil Saat KB

27 Aug 2018, 11:18 WIB
Wanita, 29 tahun.

Hallo dok saya mau bertanya Apakah wanita yang kb bisa saja hamil ? Saya terakhir haid tgl 23 jul selesai 28jul (masih menkonsumsi pil kb) Lalu d tgl 1 pil kb sy habis dan d tgl 2-3 sy melakukan hubungan intim dengan suami tapi (maaf) sperma di buang Dan d tgl 6 saya melakukan suntik kb yg bln Tapi skrg sy blm haid dok, semesti ny klau normal mngkuti blan lalu tgl 23 sy sdah haid tp smpai skrg tgl 26 sy blm jg haid Apakah ada kemungkinan saya hamil ? Atau saya blm haid karna efek dari kb ? Tapi beberapa hari ini saya merasakan pegal d punggang dn agak nyeri d perut seperti biasa mau datang haid Tp yg sy bngung smpai skrg sy blm jg haid Slma 3hr ni sy mengkonsumsi minuman bersoda (sprite) dengan harapan segera haid Karena yg sy dengar dr teman bahwa soda dapat melancarkan haid Apakah berbahaya atau tdk dok dengan sy mengkonsumsi soda ? Mohon jawaban ny Terimakasih

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terimakasih telah bertanya tentang peluang hamil meski KB melalui fitur Tanya Dokter.

Kehamilan terjadi ketika sperma bertemu dengan sel telur dan terjadi pembuahan. Hal tersebut terjadi jika dilakukan penetrasi (memasukkan penis ke dalam liang vagina) dan ejakulasi di dalam vagina. Kemungkinan hamil akan sangat tinggi jika berhubungan intim di saat masa subur.

Mengeluarkan sperma di luar vagina secara teori tidak menyebabkan kehamilan. Namun jika ada setetes mani yang sempat masuk ke dalam vagina, hal tersebut dapat menyebabkan kehamilan jika sperma berhasil membuahi sel telur.

Selain itu, perlu diketahui bahwa  pada awal hubungan intim umumnya pria akan mengeluarkan cairan pra ejakulasi. Cairan pra ejakulasi memang tidak mengandung sperma. Namun, dapat membawa sperma yang tertinggal di sepanjang saluran pengeluaran ejakulat. Tentunya ini akan meningkatkan peluang hamil ketika terjadi penetrasi. 

Terkait dengan KB, meski tujuannya mencegah kehamilan, peluang hamil tetap ada. Sebab, metode KB memiliki angka kegagalan. Angka kegagalan ini bervariasi, misalnya untuk KB suntik 1 bulan yaitu 3%, atau 3 dari 100 wanita yang menggunakannya berpeluang hamil. Untuk pil KB, angka kegagalannya lebih besar yaitu 25 dari 100 wanita. Yang cukup kecil di bawah 1% ialah KB spiral (IUD) dan implan. Namun bisa saja Anda belum haid saat ini karena pengaruh hormonal suntik KB.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar peluang hamil meski KB. Semoga bermanfaat. 

1 Komentar

  • mal*****

    Terimakasih atas jawaban ny dok, tapi tentang saya mengkonsumsi minuman bersoda apakah baik atau tdak ? 3hari berturut2 sya mengkonsumsi soda dan masih jga blm haid tapi sy khawatir efek terlalu bnyk mnum soda dn sy sdah stop mnum soda, sore ini sya minum obat pelancar haid, itu d bolehkan atau tdak