Sukses

Vaksin Rabies

27 Aug 2018, 10:44 WIB
Wanita, 22 tahun.

Halo dok, saya ingin bertanya. Saya pernah di gigit anjing tapi sudah disuntik vaksin rabies, tapi dokter yang menangani saya mengatakan vaksin itu tidak membunuh virus tapi hanya memperlambat virus sampai ke otak. Apa itu benar? Dan apakah ada efek jangka panjang ketika digigit anjing?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Rabies merupakan infeksi akut sistem saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies yang ditularkan melalui gigitan hewan yang terinfeksi (anjing, monyet, kucing, serigala, kelelawar). Rabies hampir selalu berakibat fatal bila post-exposure prophylaxis tidak diberikan sebelum onset gejala berat.

Pada hari pertama kunjungan diberikan Serum Anti rabies (SAR) yang dapat dikombinasikan dengan Vaksin Anti Rabies (VAR).  Pemberiaan VAR dalam 10 hari infeksi yang dikenal sebagai post-exposure prophylaxis diberikan dengan dua cara.

rekomendasi WHO; pada hari 0, 3, 7, 14, 28rekomendasi depkes; 0, 7, 21Pemberian vaksin yang lengkap haruslah demikian, sesuai dengan hari yang telah ditentukan. Diharapkan dengan pemberian yang teratur, maka kekebalan tubuh yang terbentuk untuk melawan rabies menjadi sempurna. Sedangkan bila tidak, maka ditakutkan kekebalan yang terbentuk tidaklah sempurna. 

Dari pertanyaan Anda bergantung pada jenis yang mana yang diberikan kepada Anda. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar