Sukses

Gejala Gastritis

27 Aug 2018, 10:45 WIB
Wanita, 20 tahun.

Halo dok saya mau nanya saya sering sekali merasakan sakit perut dan merasa perih sehabis makan juga mual dan akhirnya muntah Sudah beberapa hari ini kepala saya pusing badan merasa lemas Jenis sakit apa itu dok

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Sakit maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, adalah sebuah peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah.

Hal hal yang dapat memicu peningkatan produksi asam lambung diantaranya stress, konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, dan merokok. Oleh karena itu usahakanlah untuk selalu makan tepat waktu agar Anda terhindar dari nyeri maag. Sesuai dengan pertanyaan Anda, memang ada kaitannya antara stress dengan maag atau gastritis.

Berikut beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gastritis Anda :

Hindari makanan pedas, asam, dan berlemakHindari konsumsi alkohol, rokok, dan sodaHindari stresMakan teratur 3x/hari porsi makan sedikit-sedikit tapi sering, selalu makan snack diantara makan besarJika penyebabnya gastritis maka diperlukan obat untuk menurunkan asam lambung. Anda dapat mengkonsumsi obat penekan asam lambung yang dijual secara bebas seperti antasida. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar