Sukses

Rahang Teraa Nyeri Saat Membuka Mulut

27 Aug 2018, 09:31 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok saya mengalami gangguan di bagian rahang saya. Ketika saya menguap atau membuka mulut bagian rahang sebelah kiri di dekat telinga saya terasa nyeri makin hari makin bertambah sakitnya. Jangkauan untuk membuka mulut pun semakin terbatas. Apa penyebab dan solusinya dok. Mohon bantuannya.

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, gejala sendi rahang/TMJ clicking merupakan salah satu tanda gangguan TMJ yaitu TMD(TMJ Disorder). Penyebabnya bisa bevariasi, bisa diketahui setelah tanya jawab antara pasien dan dokter. TMD masih dapat diobati dengan beberapa cara. Berikut ini adalah perawatan gangguan sendi rahang, antara lain:

1. Jaw Rest (Istirahat Rahang)

            Pasien dianjurkan untuk menghindari mengunyah permen karet atau makan makanan yang keras, kenyal (chewy) dan garing (crunchy), seperti sayuran mentah, permen-permen atau kacang-kacangan. Makanan-makanan yang memerlukan pembukaan mulut yang lebar, seperti hamburger, tidak dianjurkan. Dan sebisa  mungkin membiarkan gigi-gigi atas dan bawah terpisah.

2.      Terapi Panas dan Dingin

             Terapi ini berguna untuk membantu mengurangi tegangan dan spasme otot-otot. Sangat baik digunakan pada luka atau trauma pada sendi rahang, Kompres dingin (cold packs) dapat membantu meringankan sakit.

3.      Obat-obatan

            Obat-obatan anti peradangan seperti aspirin, ibuprofen (Advil dan lainnya), naproxen (Aleve dan lainnya), atau steroids dapat membantu mengontrol peradangan. Perelaksasi otot seperti diazepam (Valium), membantu dalam mengurangi spasme-spasme otot.

4.      Terapi Fisik

           Pembukaan dan penutupan rahang secara pasif, urut (massage) dan stimulasi listrik membantu mengurangi sakit dan meningkatkan batasan pergerakan dan kekuatan dari rahang.

5.      Managemen stres

            Mengenali faktor pemicu stres, konsultasi psikologi, dan obat-obatan dapat membantu mengurangi tegangan otot. Respon balik dari pasien (biofeedback) dapat membantu pasien mengenali waktu-waktu dari aktivitas otot yang meningkat dan spasme dan menyediakan metode-metode untuk membantu mengontrol mereka.

6.      Terapi Occlusal

           Pada umumnya suatu alat acrylic yang dibuat sesuai pesanan dipasang pada gigi-gigi, ditetapkan untuk malam hari namun mungkin diperlukan sepanjang hari. Ia bertindak untuk mengimbangi gigitan dan mengurangi atau mengeliminasi kertakan gigi (grinding) atau bruxism.

7.      Koreksi Kelainan Gigitan

           Terapi koreksi gigi, seperti orthodontics, mungkin diperlukan untuk mengkoreksi gigitan yang abnormal. Restorasi gigi membantu menciptakan suatu gigitan yang lebih stabil. Penyesuaian dari bridges atau crowns bertindak untuk memastikan kesejajaran yang tepat dari gigi-gigi. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis Prosthodonsi( spesialis Gigi Palsu).

8.      Operasi

            Operasi diindikasikan pada kasus-kasus dimana terapi medis gagal. Ini dilakukan sebagai jalan terakhir. TMJ arthroscopy, ligament tightening, restrukturisasi rahang (joint restructuring), dan penggantian rahang (joint replacement) dipertimbangkan pada kebanyakan kasus yang berat dari kerusakan rahang atau perburukan rahang. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis bedah mulut.

9.      Perawatan  Tanpa bedah

Beberapa kasus gangguan TMJ akan berakhir dengan perawatan biasa yang bahkan mungkin tidak membutuhkan kehadiran dokter gigi di samping anda, seperti mengubah kebiasaan buruk.

Ada baiknya bila anda berkonsultasi dengan dokter gigi yang berkompeten di bidang ini yaitu dokter gigi spesialis prosthodonti.Sehingga dapat dilakukan perawatan yang tepat sesuai kondisi anda.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar