Sukses

Kondiloma Akuminata
26 Aug 2018, 22:04 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya mau tanya. Setelah setahun menikah, belakangan saya bersih2 atau mandi, saya merasakan ada permukaan kulit yang kasar di bagian mulut vagina bawah dekat anus yang sebelumnya tidak ada. Ketika saya foto, permukaan kulit tersebut bergeronjol kecil seperti bulir jeruk (timbul keatas dan tidak rata), kasar, diameter kecil dan tidak merata. Saya pernah dengar cerita teman tentang kondiloma. Namun setelah saya googling bentuknya ternyata bervariasi. Kalo boleh tau, itu apa ya dok? Dan kalaupun kondiloma, bagaimana cara penyembuhannya atau cara apa yang bisa saya tempuh untuk menghilangkan kondiloma tsb? Karena setau saya bila kelak saya melahirkan, kondiloma tsb akan mengganggu kelahiran proses normal.

Terima kasih telah bertanya seputar kondiloma menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Dalam dunia kedokteran kondiloma akuminata, merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. 

Jengger ayam pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan gel, salep atau krim pada jengger ayam tersebut, dengan cryosurgery, dengan laser, bedah kauter  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh. 

Podofilin sendiri memang merupakan obat yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan kondiloma dan menghancurkan jaringan kondiloma yang sudah ada. Efeknya memang dapat berupa rasa perih atau seperti terbakar, iritasi dan kemerahan. 

Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan. Penanganan dengan gel/salep/krim kemungkinan akan memberikan hasil yang lebih lambat pada ukuran jengger ayam yang lebih besar sehingga bedah merupakan pilihan terbaik untuk kondiloma dengan ukuran yang besar.

Kondiloma akuminata juga merupakan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. Walaupun telah menjalani kauter, hal ini tidak menutup kemungkinan adanya kekambuhan kondiloma. Kondiloma bisa saja kambuh kembali. Penyakit ini bisa saja ditularkan ke pasangan apabila kondiloma Anda sedang kambuh. 

Demikian informasi seputar kondiloma yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar