Sukses

Nuchal Translucency Tebal, Apakah Berbahaya?

26 Aug 2018, 21:39 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok mau tanya kalo sedang dalam masa kehamilan 14minggu lalu screening check nuchal translucency ketebalan mencapai 3.2mm dan NB sulit dinilai apakah buruk? Untuk normalnya di angka berapa? Terima kasih

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda

Pada usia kehamilan 12-14 minggu biasanya dilakukan pemeriksaan USG untuk menilai ketebalan Nuchal Translucency (NT), yaitu daerah di bawah tengkuk janin yang terisi cairan. NT biasanya akan menebal pada bayi-bayi dengan kelainan Sindrom Down (Trisomi 21) dan Sindrom Edward (Trisomi 18). Tingkat akurasi untuk deteksi kelainan kromosom adalah sekitar 85% dengan false positive sekitar 5%, yang artinya sekitar 85 dari setiap 100 bayi akan terdeteksi memiliki kelainan kromosom, dan setiap 5% dari kehamilan yang sebetulnya normal akan terdeteksi kondisi abnormal pada saat USG seperti penebalan NT. 

Umumnya pada janin normal, NT berukuran < 3 mm. Pada janin dengan NT 2.5 mm - 3.5 mm mempunyai kemungkinan 1 dari 10 bisa mengidap kelainan kromosomal dan resiko akan meningkat sejalan dengan meningkatnya ketebalan. Hingga ketika ketebalan mencapai 6mm maka suspek kelainan kromosomal berkisar 80% dan resiko tinggi juga untuk mengalami kelainan jantung. Janin dengan NT normal pun mempunyai kemungkinan mengalami Down Syndrome walaupun kecil kemungkinannya.

Bayi dengan Down Syndrome memiliki ciri khas mongolian face dengan hidung yang pesek. Oleh karena itu, janin dengan Nasal Bone (NB) yang tidak berkembang dicurigai memiliki kecendrungan Down Syndrome namun itu semua tidak pasti.

Untuk pemeriksaan kelainan kromosom yang lebih akurat, Anda dapat melakukan pemeriksaan Non-Invasive Prenatal Test (NIPT). Pemeriksaan NIPT ini memeriksa jumlah salinan kromosom yang ada pada DNA dimana orang yang dalam kondisi sehat memiliki 23 pasang kromosom dan dapat memeriksa jenis kelamin bayi anda. Keakuratannya hingga 99% dalam mendeteksi kelainan kromosom dan jenis kelamin.

Namun kami sarankan agar anda berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda. Tetaplah optimis dengan perkembangan bayi anda dan jaga kesehatan serta konsumsi makan-makanan bergizi agar janin anda selalu sehat. Tetap berdoa dan jangan lupa agar selalu kontrol rutin kandungan anda. Semoga janin Anda selalu sehat.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar