Sukses

Dehidrasi Saat Cuaca Panas
26 Aug 2018, 20:59 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok saya mau tanya, saya sering merasa seperti dehidrasi pada saat beraktifitas terkhusus pada saat cuaca panas, dan lidah saya putih tapi terjadi pada saat dehidrasi saja

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda

Cuaca panas, apalagi yang ekstrem dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang kerap disebut heatstroke. Kondisi ini datang secara bertahap dan memengaruhi pengaturan suhu tubuh yang seolah akan memanas karena kondisi sekitar. Bahkan, Anda yang merasa kepanasan di dalam ruangan tak berpendingin juga berisiko terkena heatstroke.

Asupan cairan yang kurang pada tubuh dapat menyebabkan dehidrasi dan mampu memperburuk kondisi Anda. Saat suhu tubuh mencapai 40 derajat Celcius, bukan tak mungkin jika terjadi gangguan kesehatan. Cuaca panas juga dapat memicu gangguan kesehatan lainnya, yakni sakit kepala. Kenaikan suhu panas setiap 5 derajat Celcius mampu meningkatkan risiko terjadinya sakit kepala hingga 7,5 persen.

Secara akut, panas dapat menyebabkan dehidrasi dan heatstroke yang berbahaya. Bahkan, dehidrasi ringan telah dikaitkan dengan berbagai efek pada kemampuan kognitif dan suasana hati. Selama beberapa hari, panas yang ekstrem dapat memengaruhi fungsi organ-organ internal dan memberikan tekanan berlebih pada sistem kardiovaskular.

Meski gangguan kesehatan akibat cuaca panas bisa mengancam, tapi ada sejumlah kiat untuk mengatasinya. Berikut ini adalah tips yang dapat anda lakukan:

  • Minum banyak air untuk menghindari tubuh dari dehidrasi minimal 2–4 gelas. Minuman yang terbaik adalah air putih.
  • Hindari minum alkohol karena dapat memicu dehidrasi.
  • Carilah tempat berteduh yang memliki temperatur ruangan yang dingin, misalnya di bawah pohon rindang, ruangan dengan kipas angin, atau lebih baik lagi ruangan ber-AC.
  • Hindari menggunakan pakaian berlapis-lapis.
  • Bergegas untuk mandi dengan air bersuhu ruangan atau air dingin jika memungkinkan. 

Ingat, cuaca panas tidak dapat diremehkan karena faktanya dapat memungkinkan terjadinya gangguan kesehatan. Selain melakukan berbagai tips yang disebutkan di atas, tingkatkan daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi lengkap serta berolahraga secara teratur. Jangan lupa juga untuk menggunakan sunblock atau sunscreen atau payung sebagai pelindung tambahan.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar