Sukses

Penanganan Asam Lambung

26 Aug 2018, 17:23 WIB
Pria, 31 tahun.

Selamat sore dok , saya mempunyai asam lambung dan seminggu yg lalu mulai kambuh, saya merasa mual, cemas, takut. lalu saya bawa k Puskesmas, dikasih obat Antasida, setelah 2 hati saya muntah muntah sampai tenggorokan saya sakit sekali, dan mual, saya tetep minum Antasida, kemudian keesokan harinya saya tiba tiba mengalami sesak nafas hebat, jantung berdebar kencang, saya sangat panik, dan kesemutan di tangan dan kaki. Dibawa k IGD dikasi oksigen sekitar 15 menit reda. Lalu saya minta untuk di EKG karena saya takut terjadi apa apa dgn jantung, tp hasilnya normal, saya dikasi obat salbutamol, sampai sekarang saya konsumsi , kadang kadang seperti nyeri di bagian dada, dan saat makan tenggorokan terasa sangat panas. Pertanyaan saya, obat apa yg paling tepat untuk saya,? karena spertinya Antasida tidak berpengaruh dok. Saya sangat cemas dan takut, saya selalu berfikir yg tidak tidak.

Terima kasih telah bertanya tentang obat asam lambung menggunakan fitur Tanya Dokter

Penyakit maag terjadi akibat produksi asam lambung berlebihan sehingga asam lambung tersebut akan melukai dinding lambung. Tingginya asam lambung ini yang menyebabkan penderita akan merasa perih pada bagian lambungnya. Produksi asam lambung ini dapat meningkat terutama jika dipicu oleh:

kondisi stres,telat makan danmengkonsumsi makanan tertentu yang dapat memicu peningkatan asam lambungBerikut makanan yang harus dihindari oleh penderita sakit maag :

Makanan yang Banyak Mengandung Gas:

Jika Anda memiliki riwayat maag, maka berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang tidak direkomendasikan untuk Anda karena diyakini menyebabkan produksi gas berlebih di dalam organ pencernaan, antara lain:

lemak hewani, sawi,kol,nangka,pisang ambon,kedondong,minuman bersoda,buah yang dikeringkan2. Makanan yang Merangsang Keluarnya Asam Lambung:

Berikut beberapa makanan dan minuman yang merangsang keluarnya asam lambung, yang sangat tidak direkomendasikan bagi penderita maag, antara lain:

anggur putih dankopiminuman beralkoholsari buah sitrus. 3. Makanan yang Sulit Dicerna Membuat Pengosongan Lambung Lebih Lambat

Jika pengosongan lambung tertunda lebih dari waktu sewajarnya, maka membuat kinerja lambung dua kali lebih banyak. Dengan demikian akan mencetus gas dan akan semakin memperparah gejala maag yang berpotensi muncul. Berikut ini beberapa makanan yang membuat pengosongan lambung, diantaranya:

kue tart,makanan berlemak,keju.4. Makanan yang Dapat Merusak Dinding Lambung:

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang dapat menyebabkan rusaknya dinding lambung, yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag juga, diantaranya:

Cuka,pedas,merica danbumbu yang kuat dan bersifat asam (acid).5. Makanan yang Melemahkan Klep Kerongkongan Bawah:

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang dapat melemahkan klep kerongkongan bawah, yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag, diantaranya adalah:

Alkohol / minuman keras,cokelat,makanan tinggi lemak dangorengan.6. Sumber karbohidrat:

Berikut ini adalah sumber makanan yang kaya karbohidrat yang harus diwaspadai oleh penderita maag, diantaranya adalah:

Beras ketan,mie,bihun,bulgur,jagung,singkong,tales,serta dodol.Pengosongan lambung normalnya terjadi rata-rata dalam waktu 3 jam setelah pengisian dengan makanan. Bagi penderita sakit maag, diharapkan antara waktu makan pagi ke makan siang dan makan siang ke makan malam mengkonsumsi makanan ringan supaya lambung tidak kosong, karena walaupun lambung kosong, asam lambung akan terus diproduksi sehingga dapat menyebabkan perut perih karena asam lambung tersebut akan mencerna dinding lambung itu sendiri akibat kondisi lambung dalam keadaan kosong.

Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri Anda lebih lanjut kepada dokter spesialis penyakit dalam jika keluhan berlanjut. Mungkin perlu dilakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti USG perut atau endoskopi lambung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar