Sukses

Nyeri Payudara dan Telat Haid

26 Aug 2018, 15:16 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat siang dok , Saya mau tanya nih . Perihal hamil atau tidaknya seseorang karena terlambat haid . Jadi saya mempunyai teman . Dia melakukan hubungan seksual karena dia menunda momongan karena dia ingin skripsinya selesai dulu akhirnya di memakai pengaman . Saat ejuklasi pun pasangan tersebut tidak mengeluarkan dalam mulut vagina nya . Akan tetapi dia mengalami keterlambatan haid dan payudaranya terasa tidak enak di sekitar bagian luar payudara saat di tekan terasa sakit . Akan tetapi dia sudah cek dengan menggunakan testpact 2 kali hasil nya negatif . Terima kasih dok :)

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai nyeri payudara dan terlambat haid melalui fitur Tanya Dokter.

Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi (pengaruh hormonal). Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit.

Selain gangguan di atas, menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai.

Memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan diagnosis penyakit Anda. Jadi kami sarankan agar berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. Untuk rasa sakit di payudara bila sangat nyeri sepertinya harus dilakukan pemeriksaan tubuh dahulu. 

Siklus haid normalnya berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Bagaimana dengan siklus haid Anda?

Adapun siklus haid tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • Pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Kegemukan atau indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • Malnutrisi (kurang gizi)
  • Stres psikologis
  • Atlet
  • Kekurangan vitamin K
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kelainan pembekuan darah
  • Gangguan hormon tiroid

Selain gangguan hormonal, dapat juga terjadi gangguan organ kandungan. Untuk memastikannya, dapat dilakukan pemeriksaan USG kandungan.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar