Sukses

Penggunaan Minyak Jelantah

26 Aug 2018, 14:22 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok saya mau bertanya.. Mama saya sering menggunakan minyak jelantah untuk menggoreng.. Apakah itu akan mengganggu kesehatan dok? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda

Penggunaan minyak goreng yang berulang kali mengakibatkan oksidasi dan hidrogenasi dari minyak. Dimana jika makanan yang digoreng menggunakan jelantah berpotensi menimbulkan peradangan dan kerusakan sel di tubuh jika dimakan.  Lebih lanjut, kerusakan sel yang ada juga menenggarai penyakit diabetes.

Sebuah studi baru yang dipublikasikan di jurnal Diabetologia menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan dengan teknik masak digoreng secara rutin sebelum kehamilan memiliki risiko lebih tinggi untuk timbul diabetes gestasional (suatu jenis kondisi diabetes yang ditemukan pada awal kehamilan).

Makanan yang digoreng, terutama yang digoreng hingga tenggelam dalam “lautan” minyak atau digoreng menggunakan minyak goreng yang sama (jelantah) berulang-ulang, memang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) di dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menjadi kegemukan, bahkan obesitas.

 

Kami sarankan agar anda menggunakan minyak yang baru saat menggoreng, jangan menggunakan minyak yang dipakai berulang-ulang karena tidak baik untuk kesehatan.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar