Sukses

Gatal Setelah Mencukur Bulu Kemaluan

26 Aug 2018, 13:21 WIB
Pria, 17 tahun.

Permisi dok, maaf sebelumnya. 2hari yg lalu saya mencukur bulu kemaluan saya sampai habis, menggunakan pisau cukur yg biasa digunakan untuk mencukur kumis dan jenggot. Tetapi, setelah 1 hari kemudian tiba-tiba daerah kemaluan saya terasa sangat gatal, dan setelah 2 hari kemudian saya lihat daerah kemaluan saya memerah dan lecet ( karena digaruk sewaktu tidur) . Jalan pun saya terasa kurang nyaman, karena setiap saat daerah tersebut terasa sangat gatal, dan sakit. Apabila digaruk, terasa bagai di parut kulitnya dok. Apa yg harus saya lakukan ya dok? Dan resep obat yg cocok untuk menangani hal ini karena sangat mengganggu saat kerja dok, terimaksih.

Terima kasih telah bertanya seputar gatal setelah mencukur bulu vagina melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mohon maaf atas keterlambatan jawaban kami. Apakah terdapat binik/benjolan disekitar folikel rambut yang telah dicukur?

Jika tidak, maka kemungkinan gatal yang anda alami merupakan hal yang normal terjadi, akibat pertumbuhan rambut baru setelah dicukur. Tidak ada penanganan khusus untuk hal ini, namun sebaiknya jangan digaruk untuk menghindari terjadinya luka dan mencegah infeksi.

Sedangkan bila ada, Bintik merah yang timbul setelah mencukur bisa jadi merupakan Pseudofolliculitis, yang berupa iritasi pada folikel rambut yang tercukur. Hal ini dapat terjadi karena sisa folikel rambut di bawah kulit "masuk/tumbuh" di bawah kulit, dimana kemudian terjadi proses peradangan.

Untuk mencegahnya, Anda dapat menerapkan hal berikut:

Sebelum mencukur, lembabkan kulit anda dengan air dan sabun yang lembut (seperti sabun bayi) agar pori-pori terbuka

Gunakan gel khusus untuk mencukur

Cukurlah bulu searah dengan arah tumbuh nya bulu. Hindari meregangkan kulit ketika mencukur. Setelahnya, basuh kulit dengan air dingin

Anda juga bisa menggunakan alat cukur elektrik jika nyaman digunakanSetelah bercukur, gunakan pelembab pada kulit tersebutPastikan kebersihan alat-alat yang digunakan untuk mencukur/ menggunting rambut kemaluan (paling baik pisau cukur sekali pakai), berhati-hati dalam melakukan proses pencukuran, bersihkan rambut dengan sabun selesai mencukur, serta gunakan antiseptik/ krim antibiotik bila terdapat luka.

Pada kasus yang berat, mungkin dibutuhkan pengobatan dengan krim antibiotik atau hidrokortison atas resep dokter.Namun tentunya agar penyebab yang tepat dapat diketahui, kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter agar dapat diberikan terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai gatal setelah mencukur bulu vagina. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar