Sukses

Pertanyaan - #258777
26 Agu 2018, 09:38 WIB
Wanita, 18 tahun.

Saya diet ocd ,klaimnya gak boleh sarapan dan saya punya penyakit maag, Selama sya ocd tidak pernah sakit maag,tapi hari ini saya sarapan kok maag saya kambuh dok, gimana cara penangannya dok??

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Penyakit maag atau dalam dunia medis dikenal dengan gastritis disebabkan oleh asam lambung yang berlebih. Kesembuhan penyakit ini ditentukan kendisi penyakit itu sendiri sudah seperti apa.

Apabila sudah didiagnosis penyakit ini, yang dapat dilakukan adalah menjaga agar kondisi lambung tidak bertambah parah selain mengkonsumsi obat anjuran dokter tentunya.

Untuk menjaga kesehatan lambung, Anda sebaiknya makan tepat waktu dan menghindari rokok, alkohol, serta stress yang dapat memicu sekresi asam lambung.

Inilah beberapa solusi dari kami, silakan klik next untuk melanjutkan.

Menurunkan Berat Badan dan MaagUntuk mengatasi keluhan lambung yang Anda dapat lakukan adalah :

Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.

Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari

Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)

Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)

Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat mengganggu

Hindari pemakaian obat antiradang dan antinyeri tanpa rekomendasi dari dokter

Kunci penting dari menjaga berat badan adalah kalori yang dikonsumsi. Sering kita dengar bahwa orang sibuk menghitung kalori dari makanan yang sudah dimakan. Tidak jarang juga pada saat olahraga, orang menghitung jumlah kalori yang telah terbuang. Apakah kalori itu? Kalori adalah sebuah satuan untuk mengukur energi, seperti kilogram untuk mengukur berat badan dan seperti meter untuk mengukur jarak. Sejumlah energi yang dikeluarkan untuk mengerjakan suatu aktivitas diukur dengan satuan pembakaran kalori.

 

Untuk menurunkan berat badan, maka seseorang harus membuang kalori lebih banyak daripada yang ia makan. Sebagai contoh apabila mengkonsumsi 1800 kalori dalam sehari, maka untuk menurunkan berat badan setidaknya membuang 2300 kalori dalam sehari. Sehingga kalori tersebut akan diambil dari penumpukan lemak di tubuh dan otot. Hal inilah yang menyebabkan mengapa kita harus berolahraga. Olahraga akan membakar lemak dan membangun massa otot untuk mencapai bentuk tubuh ideal.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat

7 Komentar

  • Chalim Ima

    saya sering lemas kaki serasa gk kuat nopang.apa krna saya jarang makan nasi sampai berat saya turun 7 kilo.? apa obatnya dok? trimakasih

  • Maya Ajja

    saya mau tnya dok ?kenapa ya setiap mau bangun semua badan terasa berat.,buat jalan.gitu terasa berat ?,gejala apa dok?

  • Nanang Kurnia

    perut saya kembung terus udah 5thn blm sembuh maunya kentut dan bab tapi kalau kentut atau udah bab terasa plong perutnya gak lama kemudian kembung lagi sakit apa saya dan apa obatnya