Sukses

Imunisasi MR

26 Aug 2018, 04:42 WIB
Wanita, 18 tahun.

Pagi dok, saya mau tanya gimana kalo ga diterusin imunisasi mr , ada efek sampingnyaa ga dok?

Terima kasih sudah bertanya mengenai imunisasi campak rubella (MR) melalui fitur Tanya Dokter

Penyakit campak atau morbili, atau measles merupakan penyakit yang sangat menular, ditularkan melalui virus. Campak bisa diikuti dengan komplikasi pneumonia, diare, peradangan pada otak bahkan kematian. Campak ditandai dengan adanya demam yang diikuti dengan muncul ruam kemerahan pada kulit di sekitar tangan dan dada. Sedangkan rubella atau campak jerman, merupakan penyakit yang ditularkan oleh virus yang juga memiliki gejala yang sama, dan biasanya disertai pembesaran kelenjar getah bening dibagian leher. Kedua penyakit ini bisa dicegah dengan imunisasi.

Dalam imunisasi beberapa kondisi seperti, persoalan keluarga, ekonomi, dan kesehatan anak mempengaruhi cakupan imunisasi seorang anak. Sehingga tidak jarang kasus telat imunisasi pada anak. Tidak perlu khawatir, secara umum meskipun terlambat, jadwam imunisasi masih bisa dikejar. Campak seharusnya diberikan diusia 9 bulan secara gratis di puskesmas, sedangkan rubella diberikan bersama Mumps (gondongan), measle, dan rubella di usia 15 bulan.  Bisa saja anak Anda diberikan campak sekarang.

Saat ini pemerintah sedang mengkampanyekan imunisasi Campak Rubella atau MR. Kampanye ini untuk meningkatkan cakupan dari campak, dan mencegah munculnya cmapak, rubella, dan penyakit rubella kongenital yang terjadi bila seorang wanita mengalami infeksi selama kehamilan. Kampanye ini ditujukan untuk setiap anak berusia 9 bulan hingga 15 tahun, tanpa melihat status imunisasi maupun riwayat penyakit campak dan rubella sebelumnya. Jadi bisa saja anak Anda ikut serta dalam program tersebut

Demikian jawaban yang dapat kami sampaikan seputar imunisasi campak rubella (MR). Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar