Sukses

Kulit Mengelupas Setelah Menggunakan Krim Pemutih Wajah

26 Aug 2018, 04:34 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok sy mau tanya kulit saya kok mengelupas dan gatal" sehabis memakai krim pemutih wajah, tp katanya gpp, itu bener dan aman ga dok?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Selama menggunakan krim pemutih wajah, seringkali wajah menjadi begitu kering, mengelupas, kemerahan dan perih. Hal ini disebabkan oleh mekanisme obat yang digunakan memang merangsang regenerasi sel kulit.

Saat terjadi hal seperti ini, maka gunakan tips berikut:

  1. Hindari penggunaan sabun wajah dengan pH yang terlalu basa. pH sabun wajah yang baik untuk kulit sekitar 5,5, dan penggunaan sabun biasa yang pH nya tinggi akan menyebabkan kulit semakin kering.
  2. Berinvestasilah untuk memilih produk pelembab yang baik, usahakan non-komedogenik dan tanpa parfum, serta non-alergenik.
  3. Rajin-rajinlah mengoleskan pelembab pada wajah, beberapa kali dalam sehari, terutama saat kulit terasa kering.
  4. Hindari ruangan dengan air conditioner yang diatur terlalu dingin, karena kelembaban kulit akan menghilang melalui proses konveksi.
  5. Hindari mandi menggunakan air panas6. Hindari tindakan menggosok kulit (contohnya sabun dengan kandungan scrub atau tindakan mengeringkan kulit menggunakan handuk).

Jika keluhan ini amat mengganggu, maka sebaiknya diperiksakan kepada dokter. Masalah kulit memang paling baik didagnosis lewat pemeriksaan langsung. Dari keluhan yang dipaparkan dan ditambah dengan pemeriksaan langsung maka dapat dilakukan pengobatan karena pengobatan harus sesuai dengan penyakit yang ada.

Untuk itu kami sarankan agar Anda memeriksakan kondisi kulit wajah ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk selanjutnya diperiksa dan diberi pengobatan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar