Sukses

stop KB

25 Aug 2018, 18:25 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya mau tanya saya kan tadinya KB 3bulan terus saya berhenti bulan februari dan akhir" ini payudara saya nyeri dan kadang di kemaluan saya keluar darah sedikit itupun tidak teratur , itu darah haid apa bukan ya dok Tolong dibantu ya dok 🙏🙏

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Semua jenis KB hormonal seperti implan, pil dan suntik dapat menimbulkan gangguan haid ketika dilepas. KB hormonal ini mempengaruhi kadar hormon reproduksi yang diproduksi oleh tubuh sendiri sehingga ketika dilepas dapat mengganggu keseimbangannya. Inilah yang membuat siklus haid memendek, memanjang, perdarahan haid sedikit-sedikit/sebentar-sebentar atau memanjang dan banyak. Tiap individu bervariasi, namun ketidakteraturan ini bisa berlangsung selama 3-12 bulan setelah lepas KB.

Kami sarankan agar Anda juga memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk dievaluasi apakah memang ini efek samping dari lepas KB saja atau ada hal lain yang mendasari. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar