Sukses

kepala berat nyut-nyutan
25 Aug 2018, 16:13 WIB
Pria, 30 tahun.

Dok, Kenapa ya kepala saya serasa berat, jika berdiri perasaan oyong. Terus kepala saya sering pening (kayak denyut2 gitu). Terus badan kayak merasa lelah gitu. Itu kenapa ya dok?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Sakit kepala yang dirasakan hanya pada satu sisi kepala dikenal dengan istilah migrain. 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, biasanya penderita migrain juga dapat mengalami gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura. Migrain yang disertai munculnya aura dinamakan migrain klasik.Penderita migrain biasanya akan mengalami sakit kepala selama 4-72 jam. Sakit kepala ini dapat mengganggu aktifitas sehari-hari, dan dapat hilang timbul. Timbulnya migrain dapat terjadi akibat kombinasi dari beberapa faktor, seperti stres, kebisingan, kelelahan, PMS (sindrom pra-menstruasi), lapar atau makanan tertentu. Coba untuk memperhatikan makanan Anda. Beberapa makanan yang diidentifikasi menjadi pencetus migraine adalah :

•   Makanan yang banyak mengandung Thyramine (keju,red wine) 

•   Makanan yang mengandung Monosodium Glutamate (MSG) seperti makanan China dan Meksiko 

•   Makanan yang mengandung Nitrat (bologna, salami, smoked meat) 

•   Makanan yang difermentasi 

•   Alkohol (red wine) 

•   Caffeinated (softdrink, teh, kopi) 

•   Coklat

•   Pemanis buatan

•   (ingat bahwa penderita migrain bukan berarti mengalami migrain akibat semua jenis makanan diatas, namun spesifik untuk setiap orang)

Berikut adalah langkah untuk menangani migrain:

1. Untuk mengurangi dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit dan istirahat. Obat-obatan penghilang rasa nyeri yang dapat digunakan adalah parasetamol, parasetamol dan kafein, golongan anti-peradangan nonsteroid (misalnya asam mefenamat, natrium diklofenak, methampyron, dll), serta yang lebih kuat lagi obat golongan opiod. Golongan triptan (misalnya sumatriptan) dan ergotamine terutama digunakan untuk pasien dengan nyeri migrain yang berat, namun pemberian pengobatan ini harus didapatkan dari dokter spesialis saraf. Bila sudah tidak mempan dengan parasetamol dan kafein, kami sarankan Anda memperoleh obat-obatan yang lebih lanjut ini dari dokter spesialis saraf, tidak membeli secara mandiri karena penggunaannya harus dipantau oleh dokter.

2. Dalam beberapa kasus kompres dingin pada area nyeri dapat membantu

3. Bila terdapat rasa tidak nyaman terhadap cahaya dan suara, kurangi penerangan dan hindari kebisingan

4. Bila terdapat tambahan gejala seperti mual dan muntah maka dapat diberikan pengobatan anti mual

Agar tidak terjadi kembali maka setiap orang harus mengetahui faktor apakah yang menyebabkan dirinya terkena migrain. Apakah stres psikologis, kebisingan, kelelahan, PMS (sindrom pra-menstruasi), lapar atau makanan tertentu? Dengan mampu menghindari pemicunya, maka kejadian migrain dapat dihindari.

Namun perlu diingat, bila sakit kepala sebelah terus menerus dirasakan di lokasi yang sama, sakit dirasakan sangat hebat tak tertahankan, muntah menyemprot, hati-hati kemungkinan sakit kepala yang dialami bukan migraine biasa.

Untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan yang serius/membahayakan yang mendasari keluhan Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh. Mungkin diperlukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, CT-Scan kepala atau pemeriksaan penunjang lain untuk mencari penyebab keluhan tersebut. 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar