Sukses

Gejala Stroke Ringan
25 Aug 2018, 11:54 WIB
Wanita, 26 tahun.

Awalnya sakit kepala terus mual sampai muntah, tiba2 mata ngk bisa melihat dan mulut jadi kaku untuk bicara. Mohon petunjuknya dok. Makasih sebelumnya.

Terima kasih telah bertanya seputar gejala stroke ringan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Stroke yang berulang kali terjadi dan sembuh diantaranya dapat disebabkan serangan stroke yang berulang. Transient Ischemic Attack adalah berkurangnya aliran darah ke otak untuk sementara waktu akibat tersumbatnya pembuluh darah. Kondisi medis yang ditandai dengan kelemahan, mati rasa atau kelumpuhan yang bersifat tiba-tiba pada anggota tubuh, biasanya pada satu sisi dari tubuh dan membaik dalam waktu 24 jam.

Penyebabnya adalah bekuan darah yang menyumbat aliran darah ke bagian dari otak secara singkat, tanpa meninggalkan kerusakan yang bertahan lama.

Transient ischemic attacks mempunyai resiko sangat tinggi untuk terjadi stroke,karena jika terjadi TIA mengindikasikan bahwa jika sudah terkena saat ini di masa yang akan datang bisa terjadi gangguan stroke, oleh karena itu perubahan gaya hidup dan pola makan harus segera dilakukan.

Berikut adalah cara yang mudah untuk mengenali gejala stroke. Ingatlah kata FAST, masing-masing terdiri dari singkatan gejalanya:

F atau Face (wajah). Mintalah orang tersebut untuk tersenyum. Apakah ada sisi sebelah wajah yang tertinggal? Apakah wajah atau matanya terlihat jereng atau tidak simetris? Jika ya, orang tersebut mungkin saja sedang mengalami stroke.

A atau Arms (tangan). Mintalah orang tersebut untuk mengangkat kedua tangan. Apakah ia mengalami kesulitan untuk mengangkat salah satu atau kedua tangannya? Apakah salah satu atau kedua tangannya dapat ditekuk?

S atau Speech (perkataan). Mintalah orang tersebut untuk berbicara atau mengulangi suatu kalimat. Apakah bicaranya terdengar tidak jelas atau pelo? Apakah ia kesulitan atau tidak berbicara? Apakah ia memiliki kesulitan untuk memahami yang Anda katakan?

T atau Time (waktu). Jika ia memiliki seluruh gejala yang disebutkan di atas, orang tersebut mungkin mengalami stroke. Selalu ingatlah bahwa stroke merupakan kasus yang darurat. Anda harus segera membawa orang tersebut ke rumah sakit. Ingatlah juga untuk mencatat waktu kapan orang tersebut mengalami gejala-gejala itu. Untuk membantu dokter dalam menentukan terapi.

Kenali juga gejala stroke lainnya seperti:

  • Pingsan
  • Kehilangan kesadaran
  • Kelumpuhan tiba-tiba wajah, tangan atau kaki, terutama pada sisi sebelah tubuh
  • Kesulitan melihat dengan salah satu atau kedua mata
  • Kesulitan berjalan
  • Gangguan koordinasi atau keseimbangan

Seseorang yang mengalami serangan stroke harus sesegera mungkin dibawa ke rumah sakit untuk mencegah berlanjutnya kerusakan di otak dan kemungkinan untuk pulih menjadi normal. Bila memungkinkan maka sebaiknya dibawa dalam masa golden period, yaitu tiga jam setelah stroke mulai menyerang. Karena pada masa ini penderita masih sangat mungkin untuk terhindar dari stroke, bila langsung ditangani dengan benar. Hal ini dapat menolong penderita untuk mengalami stroke yang lebih berat.

Ada beberapa faktor yang memperbesar risiko terjadinya TIA, yaitu:

  • Ada riwayat penyakit jantung
  • Ada anggota keluarga yang pernah mengalami stroke
  • Tekanan darah tidak normal
  • Kolesterol tinggi
  • Diabetes
  • Obesitas
  • Merokok

Namun ini hanya dugaan saja, diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk menegakkan suatu diagnosa. Dan segera lakukan perubahan pola hidup ke arah lebih baik dengan asupan nutrisi yang bergizi dan seimbang, olahraga teratur 2-3x seminggu dan rutin kontrol ke dokter

Demikian informasi seputar gejala stroke ringan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar