Sukses

Apakah Pil KB dapat Menyebabkan Kehamilan

25 Aug 2018, 10:25 WIB
Pria, 34 tahun.

Slamat sore dokter,sy mau mengajukan pertanyaan. Begini dokter,istri sya jrang dtg brtmu dng sya,boleh di bilang 6 skli bru dtg. Pda bulan april dia dtg kepda sya,dan kami mlkukan hbungan lyaknx suami istri,tetapi kami menggunakan pil KB. Dia brda dng sya skitar 1 minggu lamanx dan pda 2 hari terakhir sblm dia kmbli plng kmi tdk melakukan hbungan intim lgi di karenakan dia mengeluh trjadi pendarahan. Stlah istri sya tiba di tmpat tgasnx krang 2 minggu kmudia dia menelpon dan mmberitahukan bwh dia sdh hamil 2 minggu. Kira-kira mnurut pendapat dokter bgmana..?? Apakah pil KBnx tdk bkrja scra baik atau kah ad hal lain yg trjdai. Di karenakan sebelum-seblumnx blm prnah trjadi pendarhan pda saat mengkonsumsi Pil KB. Mksih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter. com.

Angka kegagalan kontrasepsi oral menurut CDC (Center of Disease and Prevention) adalah sekitar 9%. Dari angka ini dapat diartikan bahwa kehamilan masih dapat terjadi dengan penggunaan kontrasepsi oral (pil KB).

Kami ingin bertanya terlebih dulu apakah selama ini Anda rutin mengonsumsi pil KB? Bila rutin pil KB cukup efektif dalam menunda kehamilan (dari 100 orang yang menggunakan pil KB secara teratur/perfect use, didapatkan 12 orang yang hamil). Namun bila pil KB ada yang lupa diminum/typical use, angka kegagalannya juga tinggi (sekitar 25 dari 100 wanita hamil). Perdarahan yang terjadi belum tentu dari KB, bisa jadi karena efek samping dari hubungan seksual sebelumnya. 

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar