Sukses

Sakit Pinggang dan Sakit Perut
25 Aug 2018, 09:32 WIB
Wanita, 21 tahun.

Saaya sakit lingang dan nyeri di bagian perut bawah, suka mual, dan kalau berdiri perut dan pingang suka sakit, kurang konsentrasi, tangan jadi lemas, Itu kenapa ya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar sakit pinggang dan sakit perut menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, persarafan tulang belakang). Sulit bagi kami untuk menentukan penanganan tanpa mengetahui penyebabnya. Sebelum melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu kami tanyakan.

Di mana lebih tepatnya lokasi sakit pinggang Anda? Bagaimanakah rasa sakitnya (apakah seperti ditusuk-tusuk, seperti pegal, dll)? Apakah rasa sakitnya menjalar ke kaki? Bagaimana dengan hasil pemeriksaan darah dan urin Anda? Bagaimana dengan buang air kecil Anda selama ini, adakah keluhan (BAK lbh sedikit, berpasir, tidak lancar)?

Penanganan sakit pinggang saat ini adalah dengan mengonsumsi obat anti nyeri (analgesik) serta mencari penyebab sakit pinggang Anda. Jika sakit pinggang Anda tidak berkurang, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk mendiskusikan keluhan Anda dan mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut untuk penanganan yang optimal.

 

Keluhan Anda adalah sakit perut. Di mana sakit perut dirasakan? Sudah berapa lama keluhan dirasakan?

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, perlu diketahui beberapa hal:

Bagaimana sifat rasa sakit? Apakah tajam, tumpul, berdenyut?Apa yang memicu rasa sakit?Apakah terdapat keluhan buang air besar atau buang air kecil?Apakah terdapat keluhan lain?

Memang untuk mengetahui suatu kondisi yang mendasari keluhan Anda maka diperlukan pemeriksaan yang menyeluruh, termasuk wawancara medis untuk mengetahui riwayat penyakit sebelumnya dan memperkirakan kemungkinan pemicu dan penyebab keluhan Anda. Selain itu, diperlukan pemeriksaan fisik mendetil untuk memeriksa bagian perut. Pemeriksaan tambahan seperti USG perut juga mungkin diperlukan untuk mengetahui kondisi bagian dalam perut. Pemeriksaan darah juga diperlukan untuk mengetahui apakah terdapat infeksi atau peradangan di dalam rongga abdomen.

Untuk itu kami sarankan agar Anda mmengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih menyeluruh.

Demikian informasi seputar sakit pinggang dan sakit perut yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar